8 Penyebab Blog Sepi Pengunjung

8 Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Ardi And Word8 Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Dulu saya suka bingung kepalang kalau melihat trafik yang gak ada perkembangan. Blog terasa seperti tak berpenghuni dan tak sedikitpun dihinggapi para pembaca. Disitu juga kadang saya merasa sedih.
Telisik sini, telisik sana akhirnya saya tahu apa yang menjadi penyebab dari masalah yang saya alami. Blog sepi pengunjung bukan berarti kita tak cocok menjadi seorang blogger, hanya saja kita kurang memaksimalkan usaha kita.
Kadang kita meninggalkan beberapa hal yang dianggap kurang penting #eh ternyata malah penting dan bisa juga kita terlalu ambisius sehingga apa yang kita inginkan tak berbanding lurus dengan usaha kita yang setengah-tengah.

Baca Juga
Hal Yang Harus Di Lakukan Setelah Posting Artikel Baru

Kalau kita bicara mengenai penyebab blog yang sepi pengunjung maka jawabannya sebenarnya ada banyak sekali. Nah disinilah saya akan mencari benang merah dari banyaknya sebab yang kita alami.
Lalu apa saja penyebab blog sepi pengunjung? Simak terus tulisan ini ya!

1. Blog Masih Baru
Blog yang masih tergolong baru memang butuh pengenalan. Tahap demi tahap harus dialami seorang admin yang ingin blognya dikenal banyak orang. Tak ada blog yang baru berusia 2-5 hari namun pengunjung blog sudah membludak, saya rasa itu takkan mungkin. Sebenarnya ini mirip seperti fase kehidupan manusia, pertama kita butuh pelajaran lalu mengaplikasikan dan mendapatkan hasilnya. Jadi buat kamu yang masih baru di dunia blogging ini pasti akan merasa sedikit kesulitan ketika memulai dan menjaring banyak visitor. Tapi ketika kamu konsisten blogging sampai kedepannya maka visitor sedikit demi sedikit pasti akan kamu dapatkan. Intinya konsisten ya!

Baca Juga
Apakah Saya Pantas Menjadi Seorang Blogger?

2. Jumlah Artikel Sangat Sedikit
Jika ingin mendapatkan banyak visitor maka kamu wajib menyediakan banyak postingan. Postingan itu bisa dibilang juga sebagai nyawa dari sebuah blog dan jika blogmu tidak memiliki banyak postingan maka wajar saa jika blog sepi pengunjung. Oke, kita bayangkan saja seperti ini. Kamu memiliki 100 postingan di dalam suatu blog. Jika satu postingan bisa mengundang 2 visitor/perhari maka setiap harinya akan ada 200 visitor yang rutin datang membaca artikelmu. Sangat lumayan bukan?

3. Konten Kurang Berkualitas
Jika pengunjung blog kamu masih saja sepi padahal blogmu telah berumur dan memiliki banyak postingan maka bisa jadi malasahmu terletak di postingan yang kamu sajikan. Bisa jadi penyebab utama blog sepi pengunjung adalah konten yang kurang berkualitas.
Padahal jika saya ditanya bagaimana ciri konten yang berkualitas?
Saya masih sedikit ragu dengan jawaban yang saya miliki. Yang saya tahu konten berkualitas itu adalah konten yang dibuat oleh manusia dan untuk manusia. Semoga anda paham maksud saya!

4. Peringkat Blog Rendah dan Artikel Kalah Di SE
Bersaing dengan banyak blogger merupakan sebuah sensasi yang tiada tanding. Apalagi jika harus bersaing dengan blog kelas kakap maka itu akan membuat kita “mangap” saja. Yup benar! Jika blog kita memiliki perangkat yang rendah maka kita akan terlindas dengan blog yang memiliki PageRank, DA, dan PA yang tinggi.
Kekalahan posisi artikel di Search Engine bisa membuat kita kehilangan visitor. Lagi-lagi umur domain dan ke-konsisten-nan kita adalah hal yang utama. Dengan umur blog dan konsisten update blog maka bisa membawa domain dan nama blog di posisi yang baik.

5. Blog Tidak SEO
SEO itu makanan apa sih mas?
Saya juga bingung kalau harus bicara tentang SEO. Harus mulai dari mana dan berakhir dimana saya juga kurang pakar, hehehe.
Dengan kurangnya optimisasi SEO di blog maka bisa berdampak buruk terhadap blog yang kita miliki. Saya juga sering mengabaikan perihal SEO di dalam kehidupan blogging saya ini. Tapi lagi-lagi saya di tuntut oleh hati saya untuk menjajal kekuatan SEO yang saya miliki. Dan akhir-akhir ini saya mendapatkan hal yang memuaskan. Nah kalau anda ingin tahu info lengkap tentang seo boleh deh intip Blog kepunyaan Mas Sugeng atau PanduanIM yang membahas tuntas tentang SEO. Bahasanya mudah dipelajari juga kok. Semoga hal ini bisa masalah anda yang sedang kekurangan jumlah pengunjung.

Baca Juga
Situs Untuk Mendapatkan Gambar Foto Gratis Legal

6. Navigasi Blog Kurang Tampan
Penempatan label di navigasi blog tentu sangat berpengaruh terhadap jumlah pengunjung yang anda miliki. Untuk blog yang memiliki navigasi yang tersusun baik maka akan terlihat elok dan mudah di gunakan oleh pembaca. Tapi beda halnya jika navigasi blog anda kacau balau bahkan yang lebih parah tak memiliki navigasi blog. Tentu hal ini akan mengurangi rasa kepo banyak pengunjung seperti saya. Hehehehe

7. Loading Blog Berat Banget!
Penyebab blog sepi pengunjung yang selanjutnya adalah loading blog!
Saya juga adalah salah satu pembaca yang tidak sabaran ketika membuka suatu website. Jika blog/website sangat lama terbukanya maka dengan senang hati saya akan menekan tombol back dan memilih artikel dari blog lain. Bisa jadi ini adalah salah satu penyebab kamu sering kehilangan pengunjung, oleh karena itu perhatikanlah berat/lamanya blog anda. Jangan biarkan pengunjung sampai tertidur ketika menunggu blog anda selesai loading, kan kasihan..

8. Kurang Sharing!
Penyebab lainnya adalah kurang sharing artikel di berbagai media sosial. Ada banyak media sosial dengan pengguna aktif setiap harinya sepertinya Facebook, Twitter, Instagram,dan Sebangsa. Dengan perbanyak sharing maka kamu juga telah berbagi informasi berharga kepada khalayak ramai. Bisa jadi ketika kamu mempromosikan suatu artikel dan sedang dicari banyak orang maka secara tidak langsung kamu akan kebanjiran pengunjung. Tapi ingat! Ini hanya sementara! Nah dengan banyaknya pageview maka akan mendongkrak posisi kamu di Search Engine yang memungkinkan kamu mendapatkan banyak pengunjung rutin setiap harinya.

Baca Juga
Ciri Artikel Yang Di Sukai Google

Nah inilah 8 Penyebab Blog Sepi Pengunjung dari Ardi And Word, semoga artikel ini membantu kawan semua dan tak lupa saya ucapkan terima kasih karena telah setia membaca artikel ini.

Salam, Ardi And Word

Subscribe to receive free email updates:

36 Responses to "8 Penyebab Blog Sepi Pengunjung"

  1. masih inget pas awal - awal punya blog, satu komen aja udah bikin seneng :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul tuh, saya juga dulu begitu, setelah dapet cuap-cuap dari mastah blogger ataupun newbie yang numpang lewat arasnya seneng banget..

      Delete
  2. Hmm,sekarang nih blogku lagi sepi banget. Emang karena lagi jarang posting di blog dan sosmed juga sih #yhaa 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduh.. ayolah cepet update.. hehehe.. aku juga mulai jarang update kok, gegara tumburan ada jadwal UKK

      Delete
  3. Sampai skg pun blog saya kalo ada satu pun yg komen saya sangat senang... Pembacalah yang bikin saya bahagia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener tuh saya juga gitu.. berarati tulisan kita di baca dan dilirik ama merea hihhihi

      Delete
  4. tips bagus nih! saya sih masih berusaha untuk lebih aktif dan konsisten nge-blog, plus ngurangin load-time blog nih. masih jadi PR bangett.. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga, blog ini masih berat banget loadingnya.. jadi butuh banyak rombakan..

      Delete
  5. Blog saya sudah berumur hampir puluhan. Hiks nangis aja gimna ya, sempat sedikit tenar dikalangan rt blognya, setahun lalu pindah tld jadi harus mulai dari awal. Mas ar d i datang ya, biar blog saya dianggap ada yang baca hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak.. trafik anjlok gegara upgrade domain.. agak sedih tapi bahagia juga ada.. berjuang terus mbak..

      Delete
  6. Blog walking juga berpengaruh atas sepi atau ramainya pengunjung ya Mas.
    Promosi memang pening, oleh karena itu blogger harus rajin melakukan promosi online dan offline.
    Terima kasih tipnya yang bermanfaat
    Salam hangat dari Jombang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener tuh pakde.. blogwalking juga perlu, selain itu promote offlina dan online juga lumayan diperlukan... bener-bener.. salam dari lampung

      Delete
  7. Ingat kata Pram, menuliskan nak... jangan takut tulisan mu tidak dibaca orang, suatu saat nanti pasti ada yang baca hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. bener juga tuh pasti ada yang baca kok.. mungkin orang lewat ya mas.. xixixixi

      Delete
  8. 1 lagi yg paling penting, blogwalking. Mau gimana pun kalau yg punya blog cuman gembor2 doang di sosmed, tapi g pernah blogwalking, sama aja boong. Silahturahmi antar blogger itu penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. ampun mbak... iya iya blogwaking juga penting kok.. :-)

      Delete
  9. bisa juga melakukan blogwalking, saling mengunjungi sesama blogger. :D

    ReplyDelete
  10. Setuju.. blogwalking punyabperan penting juga dalam mendongkrak pengunjung..

    ReplyDelete
  11. Blog saya juga sepi pengunjung, tp gpplah sepi pengunjung, yang penting ngasilin duit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini nih.. duit mulu yang di pikir!! hahaha... saya berfikiran gitu dulu.. gak apa sepi, asal ngasilin hehehe.. tapi untuk jangka panjang itu gak baik..

      Delete
  12. Blog sepi pengunjung mungkin para pengunjungnya mulai lelah hihihihi :D
    .
    .
    Gak lah yaa.. kalau artikelnya memang bermanfaat dan layak baca maka pengunjung pasti akan dengan sendirinya. Masalahnya kapan mereka bakal datang itu saya juga gak tahu. wkwkwkwk

    ReplyDelete
  13. mungkin harus semenarik mungkin untuk membuat tulisan atau ulasan agar pengunjung suka dengan karya kita.

    www.aqiqahberkah.com

    ReplyDelete
  14. Makasih banget buat infonya,...
    Bener kata pepatah, hanya satu hal yang tidak bisa kita kejar di dunia ini dari orang lain (Umur). Tapi untuk yang lain kita bisa mengejarnya, contahnya ya Ardi ini usia masih remaja, tapi ilmunya sudah cukup melebihi orang dewasa.

    Cara penyapaian yang ringan (khas anak remaja) dengan susunan kata yang pas dan enak di baca..

    Cuma sedikit saran ya, tolong pengaturan blognya jangan selalu open new tab, soalnya repot kalo mesti buka tab baru terus. (Menu Home gak perlu buka tab baru). Ok..!!!

    Thanks...!!!
    Salam kenal by Ilham

    ReplyDelete
  15. Blogku pun sepi pengunjung. padahal bukan blog baru. heuheu

    ReplyDelete
  16. Hmmm saya banget tuh, padahal blog udah 8 bulanan juga masih sepi pengunjung. Dulu waktu awal2 bikin blog malah lumayan visitornya ya walaupun kebanyakan dari sosmed sama dari blogwalking. Tapi semenjak saya vakum beberapa bulan, blog jadi ngeri bin serem kwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. what? 8 Bulan? blog ita usianya sama yak?? tapi domaiku masih umur 3 bulan..
      dulu awal kebanyakkan visitor mungkin karena rajin blogwalking.. nah biar blog gk sepi lagi harus belajar seo juga mungkin..

      Delete
  17. Blog ane udah 6 bulan, tapi masih sepi
    Blogwalking itu yang gimana to mas brow

    masekojm.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. kalo sering nitip link di forum itu bisa buat blog sepi pengunjung gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaliknya, blog akan tambah ramai mas

      Delete
  19. Mungkin yang penting tuh cari backlink berkualitas aja kali ya gan gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. itu tugas kita juga.. tapi kalau bisa sih nature backlink, biar aman.. btw aku malah gak pernah cari backlink loh.. ajarin dung..

      Delete

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Ardi And Word
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus^^
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas