Menatap Masa Depan Bersama Hobi


Menurut banyak orang, definisi hobi adalah segala sesuatu hal yang mereka sukai. Mereka rela menghabiskan banyak uang dan waktu untuk hidup bersama hobi.
Lalu siapakah hobi itu? Bagaimana rupa dari hobi itu? Apa yang membuat hobi identik dengan hal yang disukai?
Dari semua pertanyaan itu, jawabannya hanya satu. Beda persepsi, beda opini, namun satu tujuan, dan itulah hobi. Semua orang memiliki hobi yang berbeda-beda, ada yang hobi bermain game, hobi bercocok tanam, membaca buku, menulis, menggambar, panjat tebing dan banyak hobi lainnya namun semuanya itu bertujuan untuk menghibur diri dan memberikan sensasi untuk setiap pemilik hobi.


Saya juga begitu, seorang remaja tampan yang memiliki banyak hobi di bidang sastra dan seni. Saya hidup bersama keluarga dan juga hobi. Terkadang saya bisa tertawa dan sedih karena hobi, ilmu saya bertambah karena hobi. Lagipula kalau dipikir, untuk anak muda yang sedang menginjak umur 17 Tahun seperti saya tak ada salahnya jika mau menelaah dan mencari letak masa depan lewat hobi.
Dengan hobi, banyak orang yang menganggap bahwa saya dapat berfikir lebih baik di antara anak di usia saya. Saya sendiri tak mau ikut campur mengenai pendapat orang lain, entah itu pujian atau hinaan, menurut saya itu adalah masukan namun bukan berarti kita harus menanggapinya satu persatu. Opini masyarakat semakin berkembang karena hobi yang aku miliki, guru-guru di sekolahku bisa bangga karena hobi yang aku miliki namun bapak dan ibuku juga terkadang terlihat gelisah karena hobi yang aku miliki.
Merajut kehidupan bersama hobi memang susah-susah gampang, terkadang pro dan kontra pasti ada saat kita membuat sebuah keputusan, dan tak elok rasanya jika saya mengabaikan pendapat mereka semua. Lalu apa yang saya lakukan?
Merubah diri dan mengganti posisi hobi? Itu tak mungkin saya lakukan. Yang bisa saya lakukan adalah meyakinkan kepada semua lapisan masyarakat bahwa hobi saya ini simpel namun sangat berharga.
Dan sekarang, saya sudah sukses meyakinkan semua orang, hobi saya dinilai sangat bermanfaat, walau terkadang saya sampai lupa waktu untuk ibadah ataupun makan dan minum.
Dan jika saya ditanya “Hobi mas Ardi apa saja sih?” maka akan saya jawab pertanyaan anda..


Seperti yang saya jelaskan di atas, hobi jugalah yang bisa membawa kamu ke masa depan. Saat kita memandang hobi dari sudut pandang positif maka kita bisa menuai keberhasilan dari sebuah hobi yang kita tanam.
Saya juga selalu menganggap bahwa hobi yang saya lakoni ini adalah sebuah pekerjaan. Dari hobi ini kita bisa mendapatkan banyak pengalaman dan juga pundi-pundi uang, bisa dari dunia nyata ataupun dunia maya. Namun itu semua tergantung pada diri kita sendiri, seberapa banyak usaha kita memanfaatkan peluang yang ada. Contohnya saja kamu  adalah orang yang hobi memasak, jika kamu benar-benar memanfaatkan hobi ini maka kamu bisa meraih berbagai pujian dari orang-orang tercinta dan hal terindah lainnya kamu juga bisa mendapatkan berbagai sertifikat dan uang dari lomba memasak yang kamu ikuti.

“Ciptakan Emas Dalam Setiap Kesempatan”


Lalu bagaimana saya memanfaatkan setiap kesempatan yang ada? Apa hubungannya quote di atas dengan hobi yang saya miliki?
Cerita kehidupan saya bersama hobi akan di kupas secara tuntas pada postingan ini.


Menulis, bukan sebuah rahasia bahwa menulis adalah hobi yang di gemari banyak orang, termasuk saya. Dengan menulis, kita dapat melukiskan perasaan kita di saat itu, senang, sedih, galau, semua bisa terlukiskan dengan kata-kata. Dan tak hanya itu saja, ketika menulis saya bisa melepaskan segala amarah yang terpendam di dalam hati. Rasanya sangat… hmm... gitulah, tak bisa di ungkapkan dengan kata-kata, intinya seperti saya sudah memindahkan segala amarah ke dalam tulisan itu. Hati tenang, hidup pun senang..
Sayangnya tak banyak orang yang menyadari betapa besarnya peluang mereka yang memiliki hobi menulis. Banyak yang menyia-nyiakan hobi menulis ini.
Perlu diingat! Bahwa menulis itu tak hanya menggerakkan pena di atas selembar kertas, tapi ada banyak hal yang bisa disebut dengan aktifitas menulis. Contohnya saja kita dapat menuliskan beberapa puisi atau cerita pandek di komputer. Selain aman kita juga bisa menyimpannya untuk jangka waktu yang panjang.
Lalu trik apa yang saya gunakan untuk membuat sebuah prestasi dari puisi dan cerpen tersebut?
Saya suka menyimpan berbagai karya tulisan yang telah saya buat, bukan tanpa alasan saya melakukan hal itu. Saya biasanya menggunakan karya itu di saat yang tepat.
Di Saat Lomba Menulis.
Sejak kelas 1 SMP saya sudah mewakili sekolah di berbagai lomba menulis tingkat kecamatan, kabupaten, dan paling bagus sampai tingkat provinsi di Lampung tepatnya Juara 1 Lomba Cerpen Xaverius se-Lampung. Banyak piagam penghargaan yang saya peroleh dari hobi menulis ini, walaupun begitu saya tak pernah puas sampai di situ saja. Setelah saya masuk di SMKN2 Terbanggi Besar saya juga mulai aktif mengikuti lomba menulis online, pertama memang agak ragu karena banyak kontes penipuan di dunia online ini tapi untungnya saya tak pernah tertipu oleh pihak manapun. Pundi-pundi uang bisa saya kumpulkan lewat berbagai competition yang ada.
Lalu apakah kamu juga memiliki hobi menulis? Jika iya, manfaatkanlah setiap peluang yang ada, siapa tahu tulisan kamu bisa memberikan sedikit tambahan uang saku.. Iya gak? Mungkin saja nasibmu akan lebih bagus di bandingkan saya, bukan tak mungkin kamu bisa menjadi seorang penulis profesional nantinya. Saya tunggu hal itu..


Buku adalah jendela dunia, dan saya rasa semua orang tahu itu. Namun tak semua orang gemar membaca buku, lagi-lagi akan saya tekankan bahwa hobi bukanlah paksaan jadi buat kamu yang tak memiliki sedikit pun minat pada buku saya tak akan melarangnya. Sudah sejak kecil saya memiliki hobi yang satu ini, rutinitas meminjam buku perpustakaan sudah menjadi hal lumrah dalam hidupku. Dengan membaca saya bisa menemukan emosi si penulis dan mempelajari gaya bahasanya. Eitss saya tak mau di bilang tukang contek gaya bahasa ya.. Saya hanya mempelajari kata-kata penulis yang menjadi racun dari karya yang ia buat.
Lalu apa manfaat dari hobi membaca buku bagi saya?
Sebenarnya banyak manfaatnya, hanya saja yang paling berkesan adalah dampak positif terhadap hobi menulis saya, kualitas tulisan semakin apik dan kosa kata saya bertambah banyak.
Oh iya, sedikit info untuk teman-teman. Mari kita galakkan semangat #MinatBaca untuk menyambut Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei. Harapan saya sebenarnya sih gak neka-neko untuk tanggal 17 Mei besok, hanya sebercik harapan aja. Saya harap Gramedia Lampung mengadakan bazar buku lagi dengan diskon yang pas untuk pelajar seperti saya #eh
Serius, saya merasa sangat di rugikan ketika melihat berbagai foto-foto bazar buku Gramedia Lampung yang baru saja usai lusa lalu. Dan tahukah kalian semua bagaimana perasaan saya ketika ketinggalan bazaar itu? Sakit broh..
Boleh nih lihat berbagai macam buku yang ada di bazaar itu..


Siapa yang gak minder pas liat buku-buku top brand mejeng di atas sana dan ludes dalam waktu sehari? Jadi jika pihak Gramedia Lampung baca postingan ini boleh deh buat Bazar Buku lagi.. Dan yang paling penting adalah mention aku ya..
Oke kita lanjut..


Blogging, sudah setengah tahun ini aku cinta banget sama dunia blogging. Mulai dari bertemu dengan teman di dunia maya, berkenalan dengan emak-emak blogger sampai salam sapa dengan penulis. Waow gak nyangka dunia blogging ini begitu mengasyikkan, belum lagi kalau mengingat masa perjuangan awal-awal kenal dunia blogging dulu. Trafik masih belum stabil dan artikel masih semrawut tapi dengan berjalannya waktu kini saya tahu banyak hal, bagaimana agar traffic tetap stabil, alexa yang ramping, dan impian terbesar saya adalah memiliki domain top level dengan nama sendiri yaitu masardi.net yang akhirnya terwujud berkat kemenangan Lomba Blog di Perguruan Tinggi Teknokrat Lampung 2016. Dan bener deh, sekarang tambah semangat nulis untuk membuat berbagai artikel berkualitas. Belum lagi dengan adanya konten placement dan blog competition seperti sekarang ini. Siapa sih yang gak tertarik untuk meraup uang dari blog?

Ayo jangan buang masa mudamu untuk aktifitas yang tak bermanfaat, walaupun saya masih berstatus sebagai pelajar di SMKN 2 Terbanggi Besar, saya juga bisa menjadi blogger dan tetap bersemangat membagikan ilmu bermanfaat yang dicari banyak orang, termasuk Kamu. Sangat bermanfaatkan hobi blogging ini? Pasti..


Semingguan sudah buat artikel, baca novel, ngeblog, belajar, dan akhir pekan adalah saat yang tepat untuk berolahraga. Sukses itu perlu sehat! Kalau kita sukses tapi tak sehat maka itu percuma. Saya harus tetap berolahraga agar badan ini tetap fit. Dan satu-satunya olahraga yang aku gemari adalah Badminton. Saya sangat hobi bermain badminton di hari libur, bersama dengan tetangga saya Mas Roni kami sangat menikmati setiap pukulan dari olahraga tepok bulu ini. Dan yang bikin saya hobi bermain badminton ini karena saya juga punya idola. Yup Idola pemain badminton tentunya. Kalau kamu punya idola boleh dong aku punya idola juga. Iya kan.. Sebenernya pemain yang saya sukai memang kebanyakan masih dari Indonesia. Tahukan kalau pemain Badminton Top Dunia juga banyak yang dari Indonesia? Sebut saja Pasangan Ganda Putri kita Gressia Polii/Nithya Krishinda Maheswari sebagai ganda putri terbaik nomor 2 di dunia yang juga di pastikan akan berlaga di Olimpiade Rio Jainero 2016 ini. Yuk kita beri dukungan sebanyak-banyaknya kepada pasangan ini! Kan kalau menang Indonesia juga yang bangga..
Ada juga idola dari Luar Negeri yang aku sukai, yaitu Rachanok Intanon dari Thailand, pemain tunggal putri Thailand dengan segudang gelar tingkat elit. Bahkan banyak opini yang bilang kalau Rachanok ini “The Next Susi Susant From Thai” memang permainannya sungguh indah dan kompleks. Cinta banget  dengan Rachanok ini..


Nah inilah cerita dari sedikit hobi yang saya miliki. Semoga teman di luar sana yang memiliki hobi yang sama dapat semakin percaya diri dengan hobi yang dimiliki. Jangan Lupa Ciptakan Emas Dalam Setiap Kesempatan, bisa jadi kesuksesan di mulai hari hobimu yang sederhana.
Terimakasih atas perhatian sahabat semua, jika ada masukkan atau pertanyaan boleh nih ikutan komentar di kolom komentar yang ada di bawah.

Salam, Ardi And Word

Subscribe to receive free email updates:

17 Responses to "Menatap Masa Depan Bersama Hobi"

  1. Hobi saya bermusik gan, tapi belum bisa menghasilkan yang wah dari hoby saya, semoga hoby saya bisa membayar amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah tuh, jangan ragu untuk mengembangkan musik dengan orang yang sejalan mas.. siapa tahu bisa jadi band dan menciptakan banyak lagu sehingga di kenal banyak orang.. semangatt

      Delete
  2. Beruntung... udah kenal blog sejak masih muda... saya, udah punya anak tiga baru mulai ngeblog. Itupun waktunya harus dibagi bagi hehehehee...semangat terus ya buat kamu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makasih mba.. tapi mbak ini hebat juga loh, udah punya anak tapi masih bisa ngurus blog.. wihh

      Delete
  3. segala hal kalau ditekuni pasti akan suskes
    apapun itu

    ReplyDelete
  4. Wah mantap masbro, dari hobi kita bisa menghasilkan uang dan bahkam bisa mengharumkan nama negara..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener tuh, tapi sayangnya saya belum bisa mengharumkan nama negara.. paling mentok baru bisa mengharumkan nama kabupaten hehhehe

      Delete
  5. Hobbi saya nulis cerpen/ novel. sudah hampir setahun saya ikutan lomba2 menulis. juga mengirimkan karya tulis ke medai cetak. tapi, belum satu pun karya saya yang di acc. sampai saat ini masih berjuang :D semoga hobi saya bisa berlanjut ke dalam sebuah pencarian nafkah :D tapi saat ini saya enjoy kok :D
    BTW, artikel ini makin membukakan bagi semangat saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh, saya sempet lihat blog mas ujwar dan memang perjuangan mas ujwar stahunan ini besar banget.. semoga novel kedeannya bisa dilirik editor ya.. semangattt

      Delete
  6. Masih muda tapi semangatnya luar biasa, andai saja semua pemuda rajin belajar dan semangat menggapai cita cita seperti Mas Ardi, pasti Indonesia akan cepat maju

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.. makasih kak amir, aku terbang tinggi ini.. hehehe

      Delete
  7. Pokoknya kalau sudah hobi dan dijalani dengan riang gembira dan juga ulet..

    Sudah pasti itu "final" nya akan mendapatkan bahkan melampaui apa yang kita inginkan sebelumnya..

    kuncinya sih rajin, pantang menyerah kayak Agan, hehehe..

    Tetap semangat mengejar impiannya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saja ya mas.. saya juga berharap seperti itu. Hobi yang saya senangi, saya bangun, saya geluti dengan senang dan duka bisa membawa ke masa depan yang lebih baik. Amin

      Delete

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Ardi And Word
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus^^
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas