Galakkan Semangat Zakatnesia, Berkah Untuk Indonesia


Di dalam gundukan harta yang kita miliki terdapat hak orang lain di dalamnya.
Nikmat akan rezeki memang sudah diatur oleh Allah SWT, namun sebagai seorang manusia kita terkadang lupa bahwa rezeki yang kita miliki hanya titipan sementara yang mana harus kita berikan kepada pihak yang benar-benar membutuhkan.
Salah satunya dengan melaksanakan perintah rukun islam yang ke 3, yaitu Zakat.


Seperti halnya shalat, hukum berzakat adalah wajib bagi setiap muslim. Sayangnya banyak kaum berduit yang tak mau menunaikan ibadah ini. Takut kehilangan harta menjadi faktor utama dari rendahnya kesadaran akan berzakat maal. Padahal sebagaimana yang telah kita ketahui, dengan bersedekah dan berzakat, hati kita akan terasa tenang, tentram dan dihindarkan dari hal-hal buruk oleh Allah SWT.

Di Indonesia, zakat merupakan salah satu tradisi bagi setiap kaum muslimin. Zakat pula merupakan cerminan aqidah, mempererat hubungan islamiah dan memanifestasi kepedulian sosial. Nah, dengan berzakat berarti kita telah ikut serta dalam upaya pengentasan kemiskinan di negara ini.

Kita juga pasti tahu! Angka kemiskinan di Indonesia masih tergolong cukup tinggi, sekitar 11.3% atau 28,51 juta orang masih terjerat di dalam lingkarang kemiskinan. Bayangkan saja, betapa banyak orang kurang mampu yang sedang menanti zakat dari anda. Tak bisa dipungkiri bahwa sebagian dari mereka, mungkin tak mengenyam bangku pendidikan. Alasan utamanya adalah kemiskinan.


Oleh Karena itu mari kita galakkan semangat menunaikan zakat dengan gerakan Zakat Indonesia atau Zakatnesia. Sejalan dengan itu, Dompet Dhuafa Republika selaku lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia terus berusaha mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa melalui dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Waqaf serta dana lainnya yang halal dan legal dari perorangan atau kelompok, perusahaan/lembaga)

Berawal dari tujuan yang mulia, Dompet Dhuafa mendapatkan tanggapan positif dari publik dan kini bisa menjadi salah satu amil zakat yang dipercaya banyak orang.
Seiring berjalannya waktu, Dompet Dhuafa menjadi lembaga pintar yang tak hanya sekedar membagi-bagikan uang tunai kepada kaum yang membutuhkan. Tetapi, lembaga ini berusaha mengemas uang itu menjadi program-program bermanfaat, yang mana tujuannya adalah membantu kaum miskin. Tak sampai situ saja, pembagian zakat selalu bersifat edukatif, produktif dan ekonomis, sehingga pada akhirnya para penerima zakat bisa menjadi pemberi zakat melalui beberapa program pemberdayaan Dompet Dhuafa.


Smart Ekselensia Indonesia, merupakan salah satu hasil dari program pendidikan Dompet Dhuafa. Berawal dari masalah biaya pendidikan yang dialami oleh kaum dhuafa membuat Dompet Dhuafa berinisiatif untuk menciptakan program edukasi yang ekonomis. Diharapkan, siswa asrama bisa merubah nasib dan menjadi lebih baik lagi.


Rumah Sehat Terpadu, merupakan kelanjutan dari program kesehatan Dompet Dhuafa yang memberikan layanan kesehatan yang layak dan optimal kepada kaum dhuafa. Berbeda dengan layanan kesehatan lainnya yang menggunakan kata “Sakit”, Dompet Dhuafa lebih memilih untuk menggunakan kata “Sehat”. Hal ini untuk menghilangkan ketakutan masyarakat miskin akan pelayanan kesehatan yang terbilang mahal. Namun di Rumah Sehat Terpadu, kaum dhuafa bisa berobat tanpa merogoh kocek sedikitpun.

Dan dari berbagai sumber yang saya dapat, pelayanan dan fasilitas di Rumah Sehat Terpadu bahkan sama dengan rumah sakit kelas atas. Alhamdulillah..


Zona Madina Dompet Dhuafa merupakan lokasi pemberdayaan terpadu yang terletak di Jampang, Parung, Bogor. Disinilah sekolah Ekselensia Indonesia dan Rumah Sehat Terpadu didirikan. Setelah sukses dengan program edukasi, ekonomi, dan kesehatan, Dompet Dhuafa juga menambah program keagamaan/religi dengan mendirikan sebuah masjid. Masjid Al-Madinah berdiri di atas lahan seluas 2763 meter persegi dengan total ruang sholat 1300 meter persegi dan kubah berwarna merah putih.
Sama seperti Rasulullah SAW yang menggunakan masjid di Madinah sebagai pemberdayaan umatnya, begitupun Masjid Al-Madinah di Jampang ini. Dipergunakan untuk segala urusan pemberdayaan. Dengan begitu, Dompet Dhuafa bisa melakukan pemberdayaan di bidang ekonomi, edukatif, kesehatan dan religi, menggunakan Masjid Al-Madinah sebagai sentra kawasan.


Dengan begini kita bisa melihat keseriusan Dompet Dhuafa sebagai amil zakat terpercaya dengan beberapa program dan gerakan seperti Zakatnesia.
Dan bagi kamu yang ingin berzakat, berdonasi, menggunakan kalkulator zakat, dan konsultasi bisa loh dengan klik halaman Dompet Dhuafa berikut ini http://dompetdhuafa.org
Jadi, ayo berzakat! Lawan kebodohan dan tuntaskan kemiskinan!

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin.

Referensi :
Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa Republika - Wikipedia

Salam, Ardi And Word


Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Galakkan Semangat Zakatnesia, Berkah Untuk Indonesia"

  1. sip gan artikel nya tingkat kan lagi
    semoga kegiatan Zakatnesia dapat menjadi kegiatan yang positif dan menambah wawasan hidup :D kalau kegiatan nya positif sih pasti tentu saja di dukung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... Semoga aja gerakan zakatnesia bisa membangkitkan kemauan untuk berzakat... Demi pengentasan kemiskinan

      Delete
  2. wah.. Berarti di setiap harta yang kita miliki terdapat hak orang lain Yang membutuhkan.Semoga Kegiatan Zakatnesia tambah bagus dalam setiap kegiatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener tuh.. Didalam harta kita ada hak orang lain.. Makanya jangan lupa berzakat ya.. Zakat maal kalau perlu...

      Delete
  3. Selain dengan zakat dapat membersikhkan harta kita, Zakat juga akan melipat gandakan harta kita

    ReplyDelete
  4. bayar zakat dulu apa bayar hutang dulu ya...

    ReplyDelete
  5. Baru tahu ane gan...nice artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo gituu.. Terus dari dulu tahunya apa broh? Pasti pengunjung numpang lewat nih... Hehehe... Pisss

      Delete
    2. Oo gituu.. Terus dari dulu tahunya apa broh? Pasti pengunjung numpang lewat nih... Hehehe... Pisss

      Delete

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Ardi And Word
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus^^
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas