4 Ciri Template Blog Yang Baik Bagus Di Sukai Google

ciri template blog yang bagus dan baik di mata pengunjung dan google. Memiliki seo friendly dan ringan

Ardi And WordCiri desain template blog yang bagus dan baik di mata search engine google.
Kita boleh saja fokus pada pembuatan artikel yang menarik dan bagus di mata pengunjung maupun google. Namun desain tema atau template blog juga perlu kita perhatikan.

Mencari template blog yang bagus dan baik merupakan pekerjaan banyak blogger.
Bukan hanya sekedar melatih kemampuan menulis, kita juga perlu  mencari template yang pas dan bisa mempercantik template itu dengan kemampuan coding.
Namun bagi kita yang tak bisa coding, kita juga masih bisa memiliki blog dengan tampilan yang indah. Yaitu dengan mencari berbagai referensi script di website tutorial blog, sebut saja Arlina Design, Contoh Blog, dan masih banyak website lainnya.

Kalau kita berbicara tentang template, pastinya kita juga akan bicara mengenai selera ya..
Kita tahu, kalau selera orang itu berbeda-beda. Tentunya hal ini tak terlepas dari alasan mereka dalam memilih template tersebut.

Ada banyak blogger yang lebih memilih template berukuran sempit dengan alasan menaikkan jumlah klik pada blog.
Ada blogger yang lebih memilih template bergaya magazine karena sesuai dengan nichie blognya, yaitu selalu update dengan berbagai macam topik yang sedang trend.
Ada pula blogger yang lebih memilih template simple dan bersih seperti saya. Saya sangat menyukai gaya template yang sederhana sehingga mata pengunjung tak cepat lelah dan merasa nyaman tentunya.

Dan ketika kita telah menemukan template yang pas untuk blog kita, jangan dulu berpuas diri ya.. Karena masih banyak hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mengaplikasikan template tersebut.
Dan untuk selengkapnnya, terus simak ulasan ini ya guys!

4 Ciri Template Blog Yang Baik Bagus dan Di Sukai Google


1. Ringan – Bersahabat dengan kuota pengunjung
Jaringan di Indonesia kini sudah semakin baik, namun di berbagai tempat di Indonesia masih sulit untuk mendapatkan jaringan yang bagus. Alhasil ketika ingin mengakses suatu informasi di internet butuh waktu yang lama dan akhirnya kecewa.

Oleh karena itu, kita sebagai blogger wajib menyediakan tampilan desain template blog yang ringan sehingga pengunjung bisa senang.

Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa template blog ringan atau tidak?

Kini berbagai tool gratis sudah bertebaran di internet. Tool seperti inilah yang bisa kita gunakan untuk mengecek, apakah blog kita ringan atau tidak?
Diantaranya ada Google Pagespeed Insigh dan GTMetrix.

Baca juga :  5 Penyebab Artikel Postingan Blog Hilang Dari Pencarian Google

Pada Google Pagespeed Insigh, kita bisa menemukan berbagai nilai yang ada. Ada desktop dan selullar. Masing-masing memberikan nilai 1-100 dengan warna yang beragam. Jika kita mendapatkan warna hijau, berarti artinya itu bagus. Dan nilai yang paling baik adalah nilai 100 dengan warna hijau.

Pada GTMetrix, kita bisa menemukan Pagespeed score dan Yslow score. Jika pagespeed dan yslow score berwarna hijau. Maka tara! Kamu bisa senang karena blog kamu pasti ringan.

Pastikan ciri template blog ringan kamu miliki ya guys! Karena untuk mendapatkan berbagai template blog ringan gak perlu susah payah lagi. Kini ada banyak template yang gratis dan ada yang berbayar. Kalau saya sih beli yang berbayar ya.. tapi ujung-ujungnya akan saya redesign lagi, hehehe…

2. Responsive dan SEO
Dengan keluarnya algoritma mobile Gideon, google lebih menyukai template blog yang responsive dan seo. Nah disini akan saya bahas sedikit dulu ya..

Apa sih responsive template itu?
Responsive template itu, saat dimana template yang kamu pakai support berbagai devise yang digunakan pengunjung, entah itu smartphone, tablet, laptop, ataupun komputer.
Jadi yang ini wajib adapada template kamu ya!

Baca juga : 8 Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Ciri template blog yang seo itu gimana sih mas?
Kita bahas dulu ya apa itu SEO.. SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization. Jadi intinya gini, kalau blog kita SEO, kita bisa mendapatkan posisi artikel yang bagus di berbagai search engine dan dampak positifnya kita bisa kebanjiran pengunjung.

Untuk ciri template seo itu masih susah untuk dibahas, karena kita saya sendiri belum tahu secara rinci ciri template seo. Mungkin salah satu cirinya, template itu memiliki meta tag yang baik dan struktur html yang tersusun rapi.

3. Teks Jelas Sehingga Mudah Dibaca
Kalau untuk saya sih ini penting banget!
Perlu diketahui tujuan utama pengunjung itu mendapatkan informasi yang mereka cari. Kalau font yang kita gunakan tak relevan dengan mata pengunjung, bisa-bisa kita akan kehilangan visitor. Apalagi bagi kamu yang memiliki blog dengan font kecil, keriting, dan warnanya yang kurang maching.

Baca juga : Ciri-Ciri Artikel Yang Di Sukai Google
Oh iya, sedikit cerita untuk kalian ya.. Saya pernah mengujungi blog dengan latar belakang template berwarna merah yang menggunakan font berwarna merah juga. Kalau kita pikir nih! Bagaimana cara kita bisa membaca artikel yang memiliki warna yang sama dengan latar belakang template? Alhasil langsung saya close itu blog! Daripada harus merusak mata.

4. Lay Out Template Yang Baik
Saat kita melihat tata letak pada dasbor blogger, kita bisa melihat seberapa rapi dan lengkap layout template yang kita gunakan.

LayOut yang baik wajib memiliki setting favicon, header, post body, sidebar, dan footer. Jika lebih dari itu akan lebih baik.

Untuk post body yang baik, selalu mengutamakan artikel dibandingkan sidebar maupun gadget/widget lainnya.
Atau lebih jelasnya begini ya! Untuk bagian kiri post body harus berisi artikel. Dan untuk bagian kanan bisa disini sidebar iklan ataupun widget lainnya.
Hal ini tentunya tidak terlepas dari cara perayapan robot google yang lebih mengutamakan bagian kiri post body lalu disusul bagian widget di kanan.

Nah mungkin ini yang dapat saya sampaikan. Untuk lebih dan kurangnya akan saya update di kemudian hari.
Saya juga tahu selera orang itu berbeda-beda mengenai template blog yang disukai.
Namun ada baiknya jika kita mau tahu jenis template blog apa yang bagus dan baik sehingga disukai google.
Terimakasih telah membaca artikel saya.

Salam, Ardi And Word

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "4 Ciri Template Blog Yang Baik Bagus Di Sukai Google"

  1. yang penting fokus pada konten, juga ga menyusahkan pengunjung dalam menikmati konten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas.. tapi kalau salah milih template juga akan bermasalah.. gimana kalau templatenya gak pas sama warna font? pasti akan berabe..

      Delete
  2. kira2 template blogku bagaimana ya mas?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyaman banget! Templatenya kerasa kaya flat gitu.. fontnya jelas dan bening latarnya... sukaaa

      Delete
  3. makasih gan atas informasinya sangat bermanfaat mengingat saya masih pemula dalam mengelola blog.
    salmanlovefarida.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. oowhh widget sidebar bagusnya di kanan ya.. makasi gan infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, agar artikel yang ada kiri di rayapi terlebih dahulu

      Delete
  5. mantap tulisannya. Artikel seperti ini yang banyak dicari blogger pemula kayak saya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas, sama sama pemula kok

      Delete

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Ardi And Word
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus^^
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas