5 Penyebab Artikel Postingan Blog Hilang Dari Pencarian Google


Ardi And Word – Penyebab artikel postingan tidak di temukan di search engine google
Memiliki artikel postingan dengan posisi yang bagus tentu merupakan suatu kebanggaan bagi kita, seorang blogger.

Tentu dengan menempatkan artikel di posisi terbaik, secara tidak langsung usaha ini akan mendulang trafik pengunjung ke blog kita.
Siapa sih yang tidak bangga ketika memiliki pengunjung yang banyak?
Kalau saya sih pasti sangat bangga..

Sayangnya, terkadang ada berbagai halangan rintangan yang kita hadapi ketika semakin tamak akan trafik blog yang tinggi. Alih-alih ingin menambah jumlah pengunjung, tindakan kita yang terlalu over dalam meraih trafik malah bisa berdampak buruk terhadap blog yang sudah kita bangun.

Berbagai dampak negatif yang dapat diakibatkan oleh kelalaian kita, diantaranya kehilangan visitor tetap, rasa malas untuk update blog,kehilangan tempat di mesin pencari, dan banyak hal negatif lainnya.

Khusus kali ini, saya akan membahas beberapa penyebab artikel postingan blog hilang di pencarian google. Hal ini didasari karena banyaknya blogger yang mengamali kejadian ini. Termasuk saya. Bisa dibilang kejadian yang saya alami terjadi seminggu sebelum lebaran di tahun 2016. Kala itu, saya bingung bukan kepalang. Trafik blog ini amblas sampai ke akar-akarnya #eh enggak segitunya lah ya..
Intinya saya akan berbagi informasi ini sesuai dengan pengalaman hidup saya dan pelajaran yang saya temui di berbagai blog tetangga.

Baca juga : Dampak Buruk Tidak Mengupdate Postingan Di Blog

Bagi kamu yang sedang mengalami hal ini, silakan simak ulasan ini ya! Barangkali dari sekian banyak penyebab, ada salah satu penyebab dari masalahmu itu.

1. Usia Blog Masih Muda

Layaknya seorang remaja labil, google juga akan labil ketika ingin meng-crawl blog yang masih baru loh sobat. Jadi barangkali kamu bisa mengingat-ingat lagi kapan blogmu itu dibuat? Apakah baru sebulan? Seminggu? Atau bahkan masih sehari? #eh

Jadi jangan pernah kaget ya guys! Kalau blog kamu yang masih tergolong labil, maka robot crawlnya juga mungkin akan jadi labil.
Intinya, perhatikan  mengenai umur dulu ya.. Kalau blogmu sudah berusia lebih dari sebulan dan tiba-tiba artikel postingan menghilang dari google dan search engine lainnya maka kamu wajib baca penyebab selanjutnya!

2. Blog Kamu Mengandung Virus

Berikut penyebab artikel hilang dari serp adalah blog kamu mengandung virus.
Sebagai search engine terbaik di dunia, Google memiliki banyak cara untuk memilih dan memilah mana blog yang baik untuk pengunjung dan mana blog yang tidak baik untuk pengunjung. Teknologi yang diusung Google pun kian hari makin membaik yang mana sangat disukai oleh banyak kalangan.

Namun aktifitas tidak disengaja seperti masukkan virus ke dalam blog kamu akan membuat Google murka dan menenggelamkan artikelmu sehingga hilang dari pencarian google.

Aktifitas seperti ini, kebanyakan diakibatkan oleh kelalaian blogger dalam memasukkan script sembarangan ke dalam blognya. Entah itu script widget ataupun iklan. Maka mulai sekarang, berhati-hati ketika ingin memasukkan script tidak dikenal ke dalam blog.

3. Kalah Persaingan Dengan Artikel Lainnya
Dilihat dari kacamata seorang blogger ‘labil’ seperti saya, kalah persaingan merupakan hal yang wajar dalam dunia blogging. Semakin ke depan, Google semakin cerdas menilai konten yang lebih berkualitas dengan melihat jumlah artikel, kestabilan, kenyamanan pengunjung dan dari segi aspek lainnya. Jadi Jika artikel postingan hilang dari serp karena kalah persaingan jangan cepat galau! Baca artikel lawanmu itu, dan perbaharui artikel lamamu.

4. Penalthy Google Untuk Blogger Tamak

Penyebab berikutnya adalah efek dari ke-tamak-kan seorang blogger. Seorang blogger yang tamak biasanya akan menggunakan segala macam cara agar postingannya bisa menduduki posisi terbaik di search engine. Namun hal seperti inilah yang mungkin membuat blog kamu terkena penalthy oleh google.
Untuk lepas / sembuh dari penalthy google ini memiliki waktu yang sangat variatif. Tergantung seberapa parah dan seberapa nekat kamu menanggulangi masalah ini.
Biasanya hal ini diakibatkan oleh jumlah backlink yang banyak namun tidak berkualitas. Lebih ke arah spam backlink tepatnya.

Baca juga : Ciri-ciri Artikel Yang Disukai Google

Lagian menurut saya, jumlah backlink tidak memiliki dampak yang begitu besar ketimbang DA dan PA blog yang bagus. Hal ini beriringan dengan algoritma baru google, yang mana tidak melihat seberapa banyak jumlah backlink namun lebih condong melihat seberapa besar angka Domain Authority dan Page Authority-nya.

5. Kamu Tukang Copas atau Artikel Kamu Di Copas?


Salah satu penyebab artikel hilang dari pencarian google yang paling marak terjadi adalah tindak copy paste. Ini merupakan salah satu bentuk kemalasan dan kecurangan seorang blogger yang ingin sukses dengan menjerat blogger lainnya sebagai mangsanya. Sejak dulu, saya kurang suka dengan blogger tukang jiplak. Entah kenapa, kalau saya fikir tindakan mereka itu kreatif tapi terkadang enggak juga #nah! Bingung kan loe? Aku yang nulis saja bingung.

Kita semua sudah sama-sama tahu, tindakan pencurian artikel bisa berdampak buruk terhadap kelangsungan blog yang kita bangun. Selain itu, blog yang kita copas juga akan terganggu loh. Reputasinya akan turun dan bisa saja google malah memberikan hukuman ke blogger yang salah.

Oleh karena itu, sebagai blogger kita juga harus pandai-pandai melindungi artikel kita dengan salah satu tool dari google yaitu DMCA. Insya Allah, dengan menggunakan DMCA Protection kita bisa melindungi dan memberikan hak cipta terhadap karya yang kita buat. Untuk bagaimana wujud dari DMCA Protection itu, kamu bisa lihat ke sidebar blog ini ya.

Sebenarnya masih banyak lagi penyebab artikel postingan hilang dari pencarian google, namun inilah penyebab umum yang sering terjadi kepada kita semua.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk blogger semua.

Salam, Ardi And Word

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "5 Penyebab Artikel Postingan Blog Hilang Dari Pencarian Google"

  1. wah artikel nya benar'' bermanfaat , mungkin bisa menjadi pelajaran kenapa artikel bisa hilang dalam pencarian google , semoga bermanfaat untuk orang lain gan , artikel nya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, ini juga dari pengalaan saya mas.. semoga bisa membantu..

      Delete
  2. sippp bro ,,,sangat membantu jangan lupa mampir di Gusbolang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke.. dibaca lagi ya.. barangkali ada yang terlupakan..

      Delete
  3. wahh beberapa artikel saya kalah di SERP, mungkin faktor blog yang masih muda menjadi penyebabnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul! Blog yang masih muda memang susah susah gampang untuk dapet posisi bagus di google..

      Delete

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Ardi And Word
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus^^
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas