Cara Mengatasi Artikel Postingan Blog Hilang Dari SERP

Tips mengatasi hilangnya artikel postingan dari pencarian google

Ardi And Word – Tips mengatasi artikel yang hilang dari pencarian google.
Kali ini saya akan membagikan tips dan cara mengatasi hilangnya artikel di search engine. Perlu diketahui, bahwa artikel ini berisikan cara-cara yang telah saya lakukan saat menghadapi masalah ini.

Seminggu sebelum hari raya Idul Fitri 2016, semua artikel saya mendadak hilang dari search engine. Tentunya hal ini membuat saya bingung bukan kepalang. Trafik jatuh drastis seperti kambing turun gunung.

Satu persatu artikel saya submit ulang di webmaster console, namun tak ada hasil. Beberapa teman netizen bahkan saya libatkan dalam masalah ini, beberapa teman saya suruh untuk ikut submit url di webmaster namun hasilnya masih nihil juga.

Saya pasrah, saya pikir ini adalah akhir dari perjalanan blogging selama 8 bulan menjadi seorang blogger.
Tapi hati ini terus saja menolak! Saya harus mencari akar permasalahannya!
Bahkan saya pernah menuduh logo Ardi And Word yang berbentuk penguin lah sebab dari segala masalah saya ini.

Baca juga : 5 Penyebab Postingan Blog Hilang Dari Pencarian Google

Algoritma Penguin membuat saya ketar-ketir karena memiliki logo yang berbentuk penguin. Memang kalau difikir itu tak masuk akal. Dan saya tahu logo penguin itu bukanlah masalah.

Lalu bagaimana cara saya untuk memecahkan masalah ini? Simak cara mengatasi artikel postingan blog yang hilang dari SERP dari Ardi And Word.

1. Menghapus Artikel

Tidak semua artikel bisa nada hapus! Maksud saya, anda harus menghapus salah satu artikel yang menyebabkan blog anda menjadi deindex.Untuk mengetahui artikel mana yang menyebabkan blog anda menjadi deindex sebenarnya susah-susah gampang. Ada sedikit trik dari saya, silakan di coba ya..

Pertama, coba lihat ke email anda! Barangkali ada surat dari Google yang menyebutkan bahwa salah satu artikel anda bermasalah. Jika ada, jangan ragu untuk menghapus artikel yang ada di dalam surat itu. Bahkan saya pernah baca di postingan strukturkode yang menyebutkan bahwa salah satu artikel miliknya yang bermasalah adalah artikel yang menjaring banyak pengunjung. Tapi hukuman adalah hukuman! Walaupun menjaring banyak pengunjung, artikel yang direkomendasikan oleh Google memang harus di hapus.

Kedua, hapuslah artikel terbaru. Ya, bisa saja artikel terbaru anda yang menyebabkan semua hal itu terjadi. Barangkali artikel terbaru anda melanggar ketentuan dari google, dan jika benar jangan ragu untuk menghapus ya..

Ketiga, hapus artikel yang tergolong copas. Jika anda memiliki beberapa artikel copas, jangan ragu untuk menghapus artikel itu. Terdapat tool seperti Copyscape bisa nada gunakan untuk mengecek apakah artikel yang anda miliki itu masih unk atau copas? Jika artikel anda di copas jangan ragu untuk banding atau melaporkan ke DMCA Google.

2. Hapus Artikel Yang Mengandung Eksternal Link Mencurigakan

Kini dunia blogging semakin diramaikan dengan berbagai kontes blog seperti kontes SEO. Alih-alih ingin menang dan merebut puluhan juta rupiah, blog anda bisa menjadi deindex karena hal sepele saja. Terlalu banyak memberikan backlink ke situs yang tidak relevan bisa berdampak buruk terhadap kelangsungan blog anda.

Bahkan hal ini juga pernah diungkapkan oleh mastah SEO, yang saya lupa nama blognya. Ia bilang, kini Google sudah semakin pandai menyeleksi berbagai artikel. Artikel yang memiliki banyak eksternal link dan memiliki judul yang sama dengan artikel blogger lainnya, maka kredibilitas blognya akan menurun.
Maka anda bisa mengingat-ingat artikel mana yang mengandung eksternal link yang tidak bermanfaat dan segera menghapusnya.

Baca Juga : 8 Penyebab Blog Sepi Pengunjung

3. Terakhir! Selesaikan Masalah di Google Webmaster Tool

Coba untuk cek google webmaster tool

Jika kita sudah memastikan masalah internal di artikel telah selesai, maka untuk langkah selanjutnya kita bisa melakukan riset dan checking di google webmaster tool.
Ada banyak hal yang bisa kita lakukan di google webmaster tool, dan inilah beberapa tindakan yang telah saya lakukan di webmaster tool ini.

a. Cek Status Index
Bila anda mengalami masalah deindex, biasanya status index akan turun drastis. Bahkan yang paling parah, sudah saya alami! Yaitu blog ini sama sekali tidak diindex selama 3 hari berturut-turut. Benar-benar menakutkan!

b. Cek Kesalahan Perayapan URL
Sekarang silakan cek kesalahan perayapan url yang ada pada blog anda. Jika anda blogger pemalas seperti saya yang tak pernah cek kesalahan perayapan url blog. Maka anda pasti akan melihat banyak kesalahan perayapan, khususnya setelah anda menghapus beberapa artikel. Oleh karena itu perbaiki beberapa list perayapan url dan jika ada daftar artikel yang sudah dihapus, silakan pilih hapus url saja.

c. Submit Sitemap Blog Ulang
Silakan submit ulang sitemap blog anda di google webmaster tool.

d. Submit Url Artikel Blog yang hilang dari SERP
Seperti biasanya lakukan submit ulang url artikel blog anda. Ini bisa memicu google untuk menelusuri kembali blog anda.

e. Fecth As Google
Pilih beberapa artikel yang ingin anda submit di google webmaster tool, hal ini juga saya yakini bisa mempercepat perayapan beberapa artikel dan menempatkan artikel dengan keyword judul blog anda.

Baca Juga : Jangan Lakukan Hal Ini Pada Blog Populer dan Berumur

Nah, setelah saya melakukan semua langkah-langkah di atas. Alhamdulillah, index blog sudah kembali normal dan trafik juga mulai merangkak kembali. Dan setelah berjalan beberapa hari, posisi artikel di Google sudah normal. Dan, ada beberapa kejutan dari kisah ini loh guys!
Pertama, banyak artikel yang sebelumnya nun jauh disana sekarang bisa mendapatkan posisi yang lumayan bagus.
Kedua, saya semakin bersemangat untuk update postingan di blog ini. Hehehe…

Oke, sekian penjelasan tentang cara mengatasi artikel postingan blog hilang dari SERP.
Semoga postingan ini bisa membantu blogger yang sedang mengalami masalah ini. Dan untuk teman-teman yang ingin mendapatkan beragam tutorial blogging terlengkap dengan ulasan fakta terkini alias tidak jadul bisa mengunjungi link berikut ini Panduan Blogging

Salam, Ardi And Word.

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Cara Mengatasi Artikel Postingan Blog Hilang Dari SERP"

  1. redirect linknya aja mas ardi, gak usah pakai di hapus artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya juga juga sudah pernah redirect link tapi gak ngefeck.. alhasil hapus artikel bisa jadi kunci juga kok.. itu juga saran dari strukturkode

      Delete
  2. Jadi referensi nih. Keren mas..
    Mampir juga ke http://www.adamsyf.com

    ReplyDelete
  3. Ninggalin jejek buat jaga-jaga trimakasih informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaga lilin ya mas? Hehhee.. *bercanda

      Delete
  4. Saya sempat mengalami masalah yang sama di salah satu blog saya. Setelah di cek melalui ahref ternyata backlinknya kebanyakan dan blog saya di serang kompetitor dengan menanam backlink di situs ilegal. Setelah itu saya coba menghapus semua backlink tidak penting dan akhirnya blog saya mulai di indeks kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener, itu salah satu penyebabnya.. saya juga sudah menuliskan di bagian penyebab artikel hilang dari serp.
      Makasih ya sudah mau berbagi pengalman

      Delete

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Ardi And Word
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus^^
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas