Jangan Lakukan Hal Ini Pada Blog Yang Sudah Populer dan Berumur

Jangan Lakukan Hal Ini Pada Blog Yang Sudah Populer dan Berumur

Ardi And Word – Semakin populer dan berumur blog anda, maka semakin bagus pula kualitas blog di mata search engine. Tentunya hal ini tidak lepas dari kualitas dan jumlah artikel yang telah anda sajikan.

Blogger yang satu dengan blogger lainnya memiliki cara berbeda dalam mempromosikan artikel blognya. Bahkan ada blogger yang hanya menulis dan menerbitkan banyak postingan tanpa melakukan promosi, alhasil artikel tidak dibaca banyak orang. Hal yang lebih menyakitkan adalah saat dimana blog anda sudah berumur namun belum dikenal oleh search engine. Salah satu penyebabnya adalah rasa Malas.

Ya, malas untuk mengoptimalkan bakat dan kurangnya melakukan blog walking (bertukar komentar) bisa membuat blog anda sepi seperti rumah kosong. Banyak hal yang bisa anda lakukan dalam mengoptimalkan posisi blog dan artikel di mata search engine, salah satunya dengan submit artikel di url console, share artikel di sosial media dan masih banyak cara lainnya. Atau kamu juga bisa baca artikel ini.

Baca juga : Hal Yang Harus Di Lakukan Setelah Posting Artikel Baru

Relevan juga merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan posisi terbaik di search engine. Tentunya hal ini lagi-lagi harus dibarengi dengan optimisasi berbagai fitur pendukung blog. Diantaranya kualitas artikel, template blog, url yang relevan dan masih banyak lainnya.

Namun, kesalahan fatal bisa terjadi jika kamu terlalu berambisi mengoptimalkan blog yang sudah terkenal dan berumur. Ada banyak hal yang menyebabkan trafik blog jatuh padahal blog sudah terkenal dan berumur lho guys!
Nah, pastikan kamu tidak melakukan hal-hal ini ya.. Walaupun ada banyak blog yang berhasil tenar kembali namun tentunya karena mereka tahu bagaimana cara mengoptimalkan dan mendongkrak posisi di search engine.

Seperti yang sudah saya janjikan sejak awal tadi, saya akan membagikan informasi, hal yang tidak boleh dilakukan pada blog yang populer dan berumur.
Harap dibaca dengan seksama agar trafik blog tidak jatuh karena kesalahan sederhana anda.

1. Jangan Merubah Alamat Blog Anda


Jika anda memiliki banyak artikel berkualitas dan relevan di mata pengunjung, biasanya pengunjung akan ingat akan alamat blog anda. Jadi buatlah keputusan sejak awal akan blog anda dan Yakinkan diri anda untuk memakai alamat itu sampai kapanpun. Karena ini salah satu hal sederhana yang bisa berakibat fatal untuk blog anda. Contohnya saja begini, saya adalah pengunjung yang sangat menyukai artikel dari blog www.masardi.net, namun admin blog memiliki keputusan lain untuk merubah alamat blog menjadi www.masardi.com , nah karena ketidaktahuan saya pikir blog masardi.net telah di hapus dan saya jarang mengunjungi blog itu. Alhasil pengunjung blog www.masardi.net bisa berkurang dan berdampak pada posisi di search engine.

Baca juga : Bahaya Beli Domain Murah Via Pulsa

2. Jangan Mengganti Judul Utama Blog


Ibarat seorang manusia, judul blog sama halnya dengan sebuah nama. Jika judul blog diganti maka akan ada banyak orang yang tidak dapat menemukan judul blog kita di search engine. Dan ini sangat berdampak pada jumlah trafik dan aktifitas crawl search engine pada blog.

Jika anda idak percaya, silakan saja coba untuk mengganti judul blog anda. Awalnya trafik blog akan turun drastis dan anda akan kehilangan posisi di search engine.

Tapi, seiring dengan berjalannnya waktu blog anda akan kembali normal kok guys! Tai semua ini perlu waktu. Iya, perlu waktu. Jadi percaya saja pada judul blog lama-mu ya guys.

3. Jangan Mengganti Deskripsi Utama Blog

Apakah anda seorang blogger labil yang suka menggonta-ganti deskripsi blog? Saya harap tidak.
Karena mengganti deskripsi blog disaat blog sudah populer dan berumur akan memiliki dampak yang serius terhadap posisi artikel di search engine. Deskripsi blog melambangkan dan menggambarkan jenis konten yang anda tampilkan di blog. Jika terus-terussan mengganti deskripsi blog karena blog anda gado-gado maka jangan pernah lakukan hal itu. Biarkan saja, seiring berjalannya waktu search engine akan tahu jenis konten yang ada di blog anda.
Sedikit tutorial cara mengganti deskripsi blog.
Login Blogger > Setelan > Pilihan Dasar > Isi Bagian Deskripsi

4. Jangan Mengganti Meta Tag Template


Anda senang mengganti template? Jika iya, anda sama seperti saya.
Namun ada banyak hal yang sering anda lupakan ketika mengganti template. Seperti meta tag dan webmaster kode. Tentunya hal ini bisa berdampak serius pada blog anda, bisa-bisa blog anda tidak akan di crawl oleh Search Engine seperti yang saya alami di minggu-minggu ini.

Pada dasarnya, meta tag adalah referensi yang digunakan oleh search engine dalam mengenali blog anda. Dengan mengganti meta tag, berarti blog anda harus dikenali lagi oleh search engine dan anda harus mau kehilangan trafik sekitar seminggu-an. Wah lumayan lama juga ya.

Kurangnya pemahaman mengenai struktur sebuah blog terkadang membuat kita terlalu bebas atau berlebihan dalam melakukan tindakan yang sebenarnya tidak perlu di lakukan, contohnya ya hal-hal di atas.

Sekian, informasi mengenai hal yang tidak boleh dilakukan ketika blog populer dan bermumur dari ardi and word. Semoga para pembaca bisa memahami konten yang saya sajikan. Terimakasih.

Salam, Ardi And Word

Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Jangan Lakukan Hal Ini Pada Blog Yang Sudah Populer dan Berumur"

  1. sayangnya blog saya blum sepopular punya agan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh... salah bangert nih, lebih populer punya agan lah.. blog saya mama atuh, update sesuka hati... hehee

      Delete
  2. Berumur nya kira kira udah berapa tahun berjalan domain nya ? Sayang sih, agak gaptek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin minimal satu tahun kak, kan umur blognya satu tahun.. berarti sudah berumur kan? hehehe

      Delete
  3. Replies
    1. Hm.. mungkin banyak situs yang merecomendasikan ya.. atau setidaknya banyak pengunjunglah...

      Delete
  4. Wah blog Masardi keren vanget tips-tipsnya ... Layoutnya pun oke punya..

    Salam kenal dari Rembang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, semoga tipsnya bisa membantu :-)
      Salam kenal juga, dari Lampung

      Delete
  5. Yang jelas kalau ganti nama blog DA-nya dimulai dr 0 lagi.*kayak pertamax aja.
    Emaaan..
    Masalah meta tag aku blm begitu paham. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul betu... kalau kita ubah url berarti harus mulai dari 0 lagi... hihihi.. gak lah ya.. aku aja gk akan mau..

      Delete
  6. klo ganti template gmn? bagus/nggk? biar tampilannya beda
    kunjungi balik ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hm.. tergantung templatenya mas.. kalau optimisasi templatenya kurang, pasti akan jelek juga nantinya. Tapi kalau templatenya powerfull ya pasti akan okeoke aja.. seperti yang lagi saya pake.. sedikt redesign dan alhamdulillah traffik makin naik dari hari kehari

      Delete
  7. Kalau cara optimasi kurang paham.
    memang jika blog tidak dipromosi bisa peringkat 1 di google ga sobt.?
    terimakasih artikelnya, mungkin dapat dihindari walaupun sudah sering dilakukan..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm.. bisa aja, tapi peluangnya kecil banget, apalagi jika tidak dipromosikan..
      Mungkin aja ada peluang sih, apalagi ketika blog kita dapet google honeymoon, pasti bisa pageone

      Delete
  8. terima kasih mas.. sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Ardi And Word
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus^^
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas