5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

Sebagai blogger tentunya kita akan membuat berbagai kesalahan yang mana dapat merugikan blog kita. Tak memandang pemula atau bukan, saya rasa masing-masing individu bisa melakukan kesalahan sesuai pada kelasnya. Namun khusus pada postingan ini, saya akan membahas berbagai kesalahan yang sering dilakukan ketika baru menjadi seorang blogger. See ya,

Tak terasa blog Ardi And Word kini sudah menginjak usia setahun. Lika-liku dunia blogging seakan menjadi makanan setiap hari. Belajar, belajar dan belajar, seakan menjadi mantra yang harus selalu dihafal. Tentunya selama setahun ini saya sering juga melakukan kesalahan, khususnya dalam memposting artikel.

Saya ingat betul! Dulu saya sering melakukan tindakan copy paste agar blog ini terupdate namun saya sadar hal itu adalah kesalahan.
Nah dari kesalahan itulah, saya akan berbagai informasi beserta tips untuk kamu yang ingin menajdi seorang blogger agar hanya melakukan kesalahan seminimal mungkin.

Lalu apa saja kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula? Simak ulasan dibawah ini.

1. Ingin Menjadi Blogger Profesional tapi Malas Menulis


Ingin menjadi blogger tapi gak bisa ulia artikel

Seperti yang kita ketahui bahwa dunia blogging ini erat dengan dunia tulis menulis. Alangkah aneh bila kamu ingin menjadi seorang bogger namun tidak memiliki semangat dalam menulis.
Namun ada hal yang patut untuk digaris bawahi! Pertama untuk menjadi blogger itu gak harus hobi menulis.

Kok bisa mas? Bukannya jadi blogger itu harus menyukai dunia tulis-menulis ya?
Nanti gimana, kalau kita gak suka menulis tapi dipaksain menulis? Kalau hasilnya jelek bagaimana?

Banyak juga ya ternyata pertanyaan tentang dunia blogging.
Untuk pertanyaan di atas, jawabannya simple kok. Menulis itu bukan sebuah bakat tapi kemauan.
Kalau tidak percaya, kamu bisa kok membaca tulisanku di tahun 2015 sampai Bulan Februari 2016. Disana kamu akan menemukan betapa “buruknya tuliksanku”. Bahkan terkadang saya sendiri sampai menutup sebelah mata ketika membaca tulisan saya sendiri. Aneh bukan?

Baca Juga : Kesalahan Blogger Saat Menulis Artikel

Jadi bagi kamu yang ngakunya tidak bisa menulis maka belajarlah dari sekarang. Memperbanyak membaca tulisan blogger profesional dan mempraktiknya.

Lalu bagaimana mas dengan blogger yang malas menulis?
Akhir-akhir ini saya kok jadi malas menulis ya mas?

Untuk kamu yang punya pertanyaan di atas, berarti kita sama. Akhir-akhir ini saya menjadi malas menulis, ya berarti satu point kesalahan untuk saya sudah ada.
Bedannya saya punya alasan untuk membela diri, status saya yang masih mengenyam bangku pendidikan tentu tidak menyediakan kesempatan lebih banyak dibandingkan kalian (blogger full time). Terkadang saya harus mencuri-curi waktu agar bisa mengupdate blog ini, jika tidak mungkin saja blog ini akan kembali berstirahat seperti kejadian tahun lalu.

Jadi inti dari point pertama sebenarnya singkat. Bila kamu malas dan tidak bisa meluangkan waktu untuk mengupdate artikel di blog maka buang jauh-jauh keinginan untuk menjadi seorang blogger.

2. Kesalahan Berikutnya, Masih Hobi Copy Paste


Kesalahan Blogger Pemula yang suka copy paste artikel orang lain

Bingung nih mau update artikel apa, sudah gak ada semangat nulis juga mendingan copas aja deh...

Ada yang pernah bilang begitu? Saya rasa ada, walau hanya sekedar gumam terkadang niat copy paste artikel hampir terbesit di benak blogger, termasuk saya.

Padahal kerugian yang akan dihadapi blogger untuk kedepannya akan semakin besar. Contohnya saja, kehilangan traffik, kehilangan posisi di search engine, atau kemungkinan yang paling parah adalah di banned.

Saya sendiri pernah mengalami masalah yang namanya hilang dari search engine, pengunjung tinggal hitungan jari dan perayapan google pun sampai ke angka 0 sangat tragis memang. Namun copy paste bukanah hal yang menjadi penyebabnya, saya hany memberikan gambaran betapa mengerikannya efek dari tindakan copy paste ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Artikel Postingan Blog Hilang Dari SERP

Perlu diketahui, bahwa tindakan copy paste tindak hanya pada tulisan saja. Kamu perlu menghargai karya orang lain, entah itu berupa tulisan, foto ataupun video.

Jadi, jangan pernah berniat sedikitpun untuk mencuri hasil karya orang lain. Buatlah karya orang lain sebagai referensi pada saat kamu ingin meciptakan karya.

3. Masih Suka Gonta Ganti Template


Kesalahan blogger pemula berikutnya yaitu suka mengganti template blog. Saya sendiri beberapa kali pernah mengganti template blog ini.
Seingat saya, ketika pertama kali membangun blog ini saya masih menggunakan template default blogger. Karena dihina (lebih tepatnya diberi saran) oleh master blogger saya mengganti template blog dengan template ciptaan Arlina Design. Karena masih kurang suka dengan struktur kodenya saya mengganti template itu dengan template evo magz (bajakan). Untuk template itu saya mulai menyukai struktur koding buatan Mas Sugeng, tapi apa hendak dikata saya jatuh hati lagi ke template Elegance Free ciptaan Sora Template yang terlihat lebih bagus untuk Personal Blog. Bulan Juni/Juli 2016, saya memutuskan untuk membeli template Evo Magz 4.0, dan saya redesign sedikit untuk hasil dan tampilan lebih optimal.

Dan Taraaa! Sampai sekarang saya sangat menyukai tampilan blog ini. Terlihat lebih bersih, nyaman di mata pengunjung *menurutku ya* dan tentunya fast loading.

Tapi begitulah pemula, untuk mendapatkan tampilan yang disukai harus mau mengganti template sesuai selera. Tapi jangan sampai kamu punya prinsip seperti ini ya “Agar blog terlihat fresh dan unik, saya harus rajin mengganti template setidaknya 4 bulan sekali” and that wrong!

Perlu diketahui, ketika kita mengganti template kita harus sadar berarti mesin pencari harus merayapi ulang struktur kode template barumu. Dan jika terlalu berbeda dengan template lama, maka siap-siap saja blog kamu akan terhempas nun jauh di sana.

Jadi, simpanlah struktur “meta tag” terbaik versi kamu, dan gunakan kembali ketika kamu ingin mengganti template baru. Dan jangan terlalu sering mengganti tampilan blog ya guys.

4. Menjadi Blogger Bisa Membuat Kita Jadi Kaya Mendadak


Nah, ini nih kesalahan blogger pemula yang paling krusial dan pasti akan merugikan blogger itu sendiri.

Sekarang siapa sih mas yang gak butuh uang? Ardi juga mau uang kan?

Iya iya, saya butuh uang kok. Tapi sebagai calon blogger anda harus cerdas dalam memfilter informasi dan tips yang beredar di internet. Karena hanya termakan iming iming cepat kaya lewat blog lalu anda bernafsu mengejar segalanya demi keinginan cepat kaya.

Perlu diketahui, bahwa untuk menjadi kaya itu butuh usaha. Bahkan anda boleh bertanya kepada blogger-blogger di luar sana. Ada banyak blogger yang menggantungkan hidupnya dari iklan adsense dan sangat tahu betapa berharganya Rp 100. Ya, hanya seratus rupiah. Di mulai dari seratus rupiah, mereka kumpulkan selama berbulan-bulan agar bisa Pay Out. Semakin bulan penghasilan mereka semakin membaik dan setelah 3 Tahun mereka memiliki penghasilan tetap perbulannya.

Baca Juga : Resiko dan Tantangan Menjadi Seorang Blogger

Dari penjelasan yang saya berikan diatas, saya harap kamu hanya tidak sekedar fokus terhadap penghasilan saja. Tapi juga fokus terhadap tumbuh kembang blog yang kamu bangun. Dan ingat satu hal, Sukses itu butuh Waktu dan Usaha.

Jadi jangan terlalu berambisi untuk menjadi kaya melalui dunia blogging. Jika kamu masih berambisi, mungkin nasibmu akan sama saja seperti dia ( seseorang yang vakum dari dunia blogging hanya karena tidak mendapatkan hasil melimpah selama menjadi seorang blogger)

5. Kesalahan Selanjutnya, Karena Terlalu Sibuk Mikirin SEO


Sekarang saya mau tanya, SEO itu sebenarnya apa sih?
Lalu gunanya SEO itu apa? Untung buat kita apa? Terus cara gunainnya bagaimana?

Pernahkah pertanyaan itu terlintas dibenak kalian? Saya yakin pernah.
Sebenarnya, Search Engine Optimization itu adalah trik yang digunakan untuk mendapatkan posisi terbaik di Search Engine. Dengan posisi terbaik itu lah, kita bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat dibandingkan blogger lainnya. Visitor yang lebih banyak, PA yang meningkat, Alexa Rank yang semakin bagus, dicintai oleh search engine, etdah masih banyak deh keuntungan lainnya.

Namun menurut saya, tak ada satu orang pun (kecuali pihak serach engine) yang mengetahui teknik SEO yang pas terutama Google. Google memiliki berbagai algoritma yang mana bisa memilih dan memilah serta menempatkan artikel di posisi yang mereka sukai.

Sejauh yang saya tahu, google adalah search engine yang paling pintar karena mengetahui secara pas keinginan para pembaca. Jika google menemukan artikel yang tak layak baca(kopas dan tidak unik), biasanya ia akan menempatkan artikel itu jauh dari jangkauan pembaca.

Nah, untuk masalah SEO dan dedengkotnya ini gak perlu deh kamu pikirin sampai ubannan. Cukup buat konten yang disukai pengunjung, tulis dengan sepenuh hati lalu anggaplah “page one” sebagai hadiah dari google untukmu yang telah bersusah payah menulis artikel.

Nah mungkin ini dulu yang dapat saya sampaikan, sebenarnya masih ada beberapa point kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula namun karena tulisan ini sudah terlalu panjang maka kemungkinan akan saya update pada artikel berikutnya. Bagi kamu yang ingin memantau topik ini, bisa berkunjung kembali di dalam waktu dekat, karena akan saya update secepat mungkin.
Terima kasih telah membaca artikel 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula.

Salam, Ardi And Word

Subscribe to receive free email updates:

53 Responses to "5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula"

  1. Sangat bermanfaat utk tidak melakukan kesalahan utk bloger pemula. Mkasi tipsnya gan.

    ReplyDelete
  2. ke 5 kesalahan tersebut saya pernah lakukan.. namun, seiring dengan berjalannya waktu sayapun mulai beljar memperbaiki kesalahan tersebut... Nice Info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga gitu, 5 kesalahan itu pernah kok saya lakukan, btw thanks

      Delete
  3. bagus infonya gan kalo saya yang penting fokus dalam blogging disamping itu juga perlu belajar kepada blogger senior

    ReplyDelete
  4. Mantap gan,. saya juga masih pemula nih,..
    nambah wawasan

    ReplyDelete
  5. Blogger pemula kebanykan pengen sukses dgn sekejap tnp mau berusaha dan bekerja keras

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener tuh, banyak yang baru jadi blogger satu artikel tapi blognya udah penuh sama iklan pop up, dan iklan url shortener

      Delete
  6. Terlalu mikirin SEO dan sering gonta-ganti template, itu yg sdang terjadi kpd saya skarang...

    Udah 2 bulan nge-blog artikel baru 8... Terlalu sibuk optimasi di sana-sini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh, jangan terlalu mikirin template bro..
      Dan jangan terlalu mikirin optimasi lah, aku aja berjalan seadanya dan alhamdulillah dapet backlink original.. hehehe

      Delete
  7. setuju banget gan, saya jga sering ganti template, kalo di inget sih udah lebih dari 5kali ganti templt :-D,, malah skarng saya pindah ke wp masih blm nemu theme yang srek, pasti bkalan sering ganti juga niih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, apalagi pas ke WP, tapi kalau ke Wp aku paling suka sama template personal blog keliatan rapi.. *itu sih selera ya*
      Tapi jangan terus terusan ngubah template bro

      Delete
  8. Dulu, paling sering saya lakukan ya gonta-ganti template. Kalau sekarang lagi kurang semangat menulis sudah hampir dua bulan. Jadi blogger produktif memang butuh semangat yang tinggi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget! jadi blogger produktif itu sulit, saya jgbsering ngilang alias gak nulis kok

      Delete
  9. terimakasih,,,sangat bermanfaat untuk pemula seperti saya ..hhe

    ReplyDelete
  10. Masalahku sulit milih diksi hingga nulisnya lama berhari-hari hanya untuk +-1500 kata :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalau gak lomba mah terabas aja nulis nya... diksi dan tetekbengeknya mah gak dipikir.. hehehe

      Delete
  11. Itu yang saya alamin 1 tahun kemarin, dan entah kenapa ngeblog jadi gak menyenangkan karena mengincar ke 5 hal di atas, btw nice artikel gan

    ReplyDelete
  12. Bener banget, jadi kurang semangat kalau apa yang dia mau gak terwujud dalam waktu singkat

    ReplyDelete
  13. dilema menjadi blogger pemula, menarik infonya, gua tertarik dengan point ke-4 emang bener menjadi kaya itu harus usaha, so jangan patah semangat ayo berusaha pasti kita bisa sukses kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernha kok ngalamin dilema.. harus pintar" nyolong waktu dan konsisten.. oh iya, siapa sih yang gak pingin kaya dalam sekejab? Wkwkwk

      Delete
  14. ya nulis harus beljar jga bro
    jgn budayakan COPAS

    ReplyDelete
  15. thanks infonya, semoga bermanfaat bagi saya yang baru baru ini :D :D

    ReplyDelete
  16. (5. Kesalahan Selanjutnya, Karena Terlalu Sibuk Mikirin SEO)

    mimin,, SEO kalo menurut ane perlu banget,,
    jadi harus sedikit difikirkan juga,,,tpi ga perlu mesti jadi master Seo juga..
    yg penting tau dasar2 nya aja dlu, karena pengalaman ane seblum menerapakan Seo dengan benar,, blog ane ga pernah nongkrong di page 10 besar google.
    bberapa hari yg lalu ane terapin seo,, insyaallah beberapa artikel ane dah muncul di 10 besar halaman google...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang bener SEO itu penting!
      Tapi jangan terlalu over lah, hal seo yang selalu saya terapin pun sederhana kok lebih ke internal artikel aja..
      Nah kan sekarang banyak tuh nuebi yang grasah grusuh pingin langsung pageone dengan tanem backlink sampe ribuan, nulis artikel udah kaya robot keyword, nah saya pikir tindakan itu yg gak baik..

      Delete
  17. keren nih tipsnya, makasih banyak ya pencerahannya hhe..

    ReplyDelete
  18. wiiih keren banget tipsnya. kalo gue engga mikir apa apa tinggal tulis aja yang ada di otaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gue sih masih mikir ya.. mikirin bagaimana biar gua gak jomblo dan bagaimana biar gua tetep tamvan.. #eh ngomongin apaan sih gua? *author lagi puber*

      Delete
  19. bermanfaat banget tipsnya... keren

    ReplyDelete
  20. Begitu banyak dinamika persoalan tentang Blogging ini, disamping memikirkan konten yang memang pantas (harus) untuk dibahas dan dapat dipertanggungjawabkan kelak hasil tulisannya bagi orang banyak maupun kepada sang penguasa, dan juga harus memikirkan kebutuhan si konsumen. Tata letak artikel yang baik dan bahasa yang mudah dipahami juga sangat penting, terlebih font dan juga tata letak isi Blog tersebut (template) yang harus dipaskan agar terlihat sejuk dan enak dipandang.

    yah begitulah, jadi blogger, emang harus kerja keras sekaligus kerja cerdas. Mari sama2 semangat gan!

    ReplyDelete
  21. Informasi yang berada di google mengenai tips ngeblog seharusnya di perbaharui lagi. Kalau tidak ya generasi selanjutnya akan terus terombang ambing dengan tips yang sangat banyak google. Tapi kembali pada diri blogger tersebut. Intinya kalau mau jadi blogger yang keren itu harus pintar dan cerdas

    ReplyDelete
  22. yang copas dan no.4 itu kyknya akibatnya yg paling parah

    ReplyDelete
  23. banyak yang termakan "bullshit" cepat kaya dari adsense makanya banyak blogger justru berlomba lomba gimana caranya dapetin duit
    NO Adsense = NO Blog
    Inilah dilema blogging sekarang
    BeTeWe semua poin di atas keknya udah pernah ane lakuin semua untung sudah tobat kembali ke jalan yang benar :'>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bener tuh, semua tips seakan mengatakan "kalau kamu ingin cepat kaya dari internet jadilah blogger dan mainkan google adsense, dalam sebulan kamu bisa meraup untung hingga puluhan juta" lol ah.. jadi blogger setahun bisa dapet sejuta aja udah susah, apalagi ampe puluhan juta perbulan.. hm.. banyak nuebi yang berfikiran sempit kayaknya

      Delete
  24. SEO tetap harus dipikirkan loh mas
    dulu waktu aku ngeblog ga peduli SEO, bener sih banyak pengunjungnya, tapi ya gitu, kualitas blognya ga bisa naik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenrnya sistemnya seperti ini mbak, kalau blog kita konsisten jumlah pengunjungnya *dalam arti banyak* pada topik tertentu, bahkan tanpa embel embel seo pun kita bisa mejeng di google dan mendapat reward dari google.. nah itu yang bisa menaikkan kualiats blog kita.
      Tapi seo itu memang penting kok, kalau saya sih lebih suka mengurusi internal artikelnya (keyword) ketimbang harus berburu backlink seperti blogger kebanyakan.

      Delete
  25. wah untung blogku masih mengusung genre tradisional(emang ada?)
    niatnya simple, cuma buat tempat curhat.
    dari 5 kesalahan blogger pemula itu, satupun enggak ada yang aku lakuin.
    dan yang jadi pertanyaannya, aku ini BLOGGER APA BUKAN SIH? hiks :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak puti mah blogger sejati!
      Toh tujuan utama blog itu memang untuk tempat curhat tanpa moneytasi, dan mbak Puti sukses tanpa harus susah payah mikirin uang ini dan itu

      Delete
  26. ya itu memang kebanyakan kesalahan yg dilakuin sama blogger pemula. maunya hasil instan, padahal perjuangannya masih panjang~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener tuh, kebanyakan makan micin jadi pingin cepat kaya

      Delete
  27. Wah poin poin di atas bener semua. Apalagi kalau masih sering copy paste, jauh2 deh.
    Oh ya pengin bgt punya template kayak punya km ini. Beli dimana ya?

    Salam kenal Ardi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak harus jauh jauh.. *usir cantik, hus hus sana..* hehehe
      Beli di mas Sugeng mbak, terus redesign sedikit biar keliatan kaya blog personal

      Delete
  28. kalau saya sich buat konten yg berkualitas , jgn copas . dan sering sering blogwalking ke sesama blogger ... sabar dan terus berusaha insya Allah akan sukses juga akhirnya .

    ReplyDelete
  29. Beuh manstap, ini dia calon blogger sukses masa depan. Lanjutkan Dik, Anda pasti menjadi seorang blogger yang sangat sukses

    ReplyDelete
  30. Saya suka postingan yang ini. Terutama soal gonta ganti desain template blog. Dan benar saja, kalau blog mas Ardi memakai Evo Magz.

    Pilihan yang jitu ya mas? Benar-benar fresh, minimalis tapi tetap elegan.

    Tulisan mas juga menjadi daya tarik utama dari blog ini. Baru membaca beberapa artikel saja sudah membuat saya yakin, kalau mas Ardi memang mencintai blog.

    Membuat saya terpacu untuk melakukan hal yang sama pada blog saya (lebih merawat blog xD )

    Terima kasih sudah share ya Mas Ardi. Bakal sering mampir nih kayaknya : )

    ReplyDelete

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Ardi And Word
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus^^
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas