SMKN 2 Terbanggi Besar - Memupuk Kreativitas Dan Jiwa Nasionalisme


SMKN 2 Terbanggi Besar – Memupuk Kreativitas dan Jiwa Nasionalisme
Kini memiliki murid nakal bukanlah suatu halangan bagi keluarga besar SMKN 2 Terbanggi Besar. Disini, murid yang sering diclaim nakal diberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri dan menyalurkan kenakalannya pada tempat yang tepat. Dan siapa sangka, bahwa kenakalan mereka bisa berubah menjadi kreatifitas hanya dengan beberapa sentuhan saja.

Tentunya hal ini tidak lepas dari berbagai kegiatan yang telah diadakan oleh sekolah. Beberapa kegiatan ini memang sengaja ditujukan untuk para penggiat “corat-coret, cekrak-cekrek, dan robak-robek” #eh

Dan pada postingan kali ini, saya akan merelease hasil liputan acara kegiatan sekolah bertema “Kepahlawanan” yang diadakan pada tanggal 19 November 2016.

Acara bertajuk “Jiwa Nasionalisme” ini tidak hanya dikhususkan untuk murid SMKN 2 Terbanggi Besar saja. Namun, ada beberapa lomba yang memang sengaja dibuat untuk murid-murid SMP se-Lampung Tengah.

Dan apa saja lomba yang di adakan oleh SMKN 2 Terbanggi Besar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan? Yuk lihat informasi di bawah ini.

Untuk siswa SMKN 2 Terbanggi Besar, cabang yang diperlombakan sebagai berikut;
1. Lomba Grafity,
2. Lomba Daur Ulang, dan
3. Lomba Photography

Untuk siswa SMP se-Lampung Tengah, cabang yang diperlombakan sebagai berikut;
1. Lomba Pidato
2. Lomba Puisi
3. Lomba Menggambar

Nah setelah kalian tahu daftar perlombaannya, saatnya kita bahas satu persatu yuk!

Kamu Punya Hobi Corat-Coret? Mending Buat Grafity Aja Yuk!



Melihat banyaknya coretan di meja belajar dan tembok kelas, Kepala Sekolah SMKN 2 Terbanggi Besar yang baru, Bpk Yos Devera berinisiatif memberikan kesempatan untuk mereka yang memiliki hobi corat-coret.

Saya pribadi sangat mendukung kegiatan ini. Daripada tembok dibiarkan kosong dan polos akan lebih baik jika diberi beberapa sentuhan warna dari tangan yang ahli (baca : ahli corat-coret)

Dan seperti yang sudah saya jelaskan di intro postingan ini, bahwa kenakalan bisa menjadi kreatifitas jika dikelola dengan baik.

Oh iya, tempat yang dipakai untuk lomba grafity ini terbilang sangat luas loh, yaitu tembok lapangan SMKN 2 Terbanggi Besar. Yang mana sudah cukup untuk 40-an kelas yang akan berpartisipasi.
Dan seperti apa sih karya para peserta yang memikat hati ini? Yuk intip beberapa foto di bawah ini.




Gimana menurut kalian, bagus-bagus bukan?

Mengubah Barang Bekas Menjadi Karya Yang Memukau



Selain memanfaatkan hobi, sebagai penerus bangsa kita juga harus pandai dalam memanfaatkan barang bekas. Betul?

Nah pada kesempatan kali ini, murid SMKN 2 Terbanggi Besar yang identik dengan sekolah teknik gak mau kalah nyentrik dalam hal berkarya nih.
Coba deh lihat karya-karya mereka dan ketekunan mereka saat membentuk karya baru. Itu patut di apresiasi loh.



Hayoo, mana nih karya yang kalian suka?
Kalau aku sih suka banget sama Mozaik Soekarno ❤❤ dari kakak kelas 12 RPL, kalau kalian?

Mengabadikan Momen Dalam Setiap Jepretan


Tujuan diadakannya lomba fotography ini sebenarnya tidak terlepas dari yang namanya “dokumentasi”. Dengan mengadakan lomba ini, maka secara tidak langsung peserta telah mengabadikan setiap momen berharga saat acara ini berlangsung. Namun selain itu, hal ini juga bermanfaat loh untuk siswa yang punya bakat ataupun minat dalam dunia perfotoan. Jadi double manfaat deh.

Dan karena photographer-nya gak ada yang mau di foto, jadi untuk cabang ini gak ada dokumentasinya deh.. yahhh #penonton kecewa

Ya sudah, daripada terlanjur kecewa mendingan kita melipir ke pengunguman lomba aja yuk!
Siapa nih yang kira-kira menang? Kelas mana hayo?

Dan pemenang jatuh kepada... jeng-jeng-jeng-jeng!

Lomba Grafity dimenangkan oleh..


Lomba kedua, Lomba Daur Ulang dimenangkan oleh..


Dan yang terakhir, Lomba Photography dimenangkan oleh...


Sekali lagi, saya ucapkan “selamat” atas kemenangan yang telah diperoleh masing-masing pemenang. Semua pemenang adalah siswa yang memiliki karya terbaik dan sesuai dengan tema perlombaan yaitu “Pahlawan”
Dan bagi yang belum menang, gak perlu risau deh. Untuk kedepannya, masih banyak kok penghargaan dan perlombaan yang menanti kalian. #colek OSIS SMKN 2 Terbanggi Besar

Dan kini saatnya kita membahas perlombaan yang telah diikuti oleh adik-adik SMP se-Lampung Tengah.

Lomba perdana dengan tema “Pahlawan” yang diselenggarakan tahun ini mendapatkan respon yang cukup baik dari berbagai sekolah. Walupun baru diadakan untuk pertama kali, tapi saya melihat bahwa adanya rasa antusias dari peserta yang ada. Buktinya, ada banyak sekolah yang mengirimkan wakil-wakilnya untuk merebut gelar juara di ajang ini. Untungnya, perlombaan ini berlangsung sportif dan menghibur banyak siswa SMKN 2 Terbanggi Besar.

Lomba Pidato



Walaupun masih terbilang muda. Adik-adik ini tak malu ketika berada di depan umum dan berani  menyampaikan berbagai petuah yang telah mereka persiapkan.

 Dari lomba pidato ini, saya bisa menilai bahwa ada banyak sekali karakter peserta. Ada peserta yang sifatnya menggebu-gebu, ada yang penuh dengan canda tawa, ada pula yang terlihat calm (baca : tenang dan santai), dan tak jarang pula ada satu/dua peserta yang lupa naskah sehingga sedikit panik. Hehehe...

Tapi menurut saya, lomba pidato ini sangat menghibur dan bisa menambah wawasan kita mengenai semangat nasionalisme. Dan tak lupa juga, saya ucapkan terima kasih untuk adik-adik yang telah berpartisipasi dalam lomba pidato kali ini, semoga semangat nasionalisme itu tetap terwariskan sampai kalian tumbuh dewasa.

Lomba Menggambar



Dari ulasan warna yang mereka bubuhkan pada lembaran yang mulanya kosong, disana sedikit demi sedikit terbentuk objek tentang kepahlawanan. Dari gambar tersebutlah mereka menyampaikan kejadian/skenario perjuangan bangsa ini melawan penjajah. Tidakkah kalian berfikir ada banyak hal yang bisa dipelajari dari sebuah gambar?

Btw yang gambar cantik loh ❤❤ #eh

Lomba Cipta dan Baca Puisi



Hari itu, saya menemukan berbagai majas berterbangan di dalam ruangan lomba. Karya-karya indah yang terlantun dari bibir peserta membuat saya tertegun menikmati setiap karya mereka

 “nie anak masih smp tapi karyanya ajib semua” ya kira-kira begitu yang saya pikirkan

Selain karyanya yang indah, mereka juga terbilang sukses membawakan setiap karya di atas panggung mini. Ekspresi dan grak-gerik mereka berkembang sejalan dengan lirik puisi itu. Ketika mereka berteriak, maka mereka akan berteriak dan jika mereka ingin bersedih maka mereka akan bersedih.
Jujur, saya terpukau dengan penampilan mereka semua. Andai saja saya adalah jurinya, mungkin saya akan dibuat kerepotan oleh mereka.

Dan akhirnya, saat yang ditunggu-tunggu pun tiba. Sebagian peserta berbaris rapi di dekat penggung demi memastikan nama mereka terpanggil dan sukses membawa pulang piala dan hadiah yang ada. Lalu siapa saja pemenangnya? Yuk intip foto-foto di bawah ini!




Wah sepertinya SMP Smart Insani mendominasi perolehan juara nih. Selamat ya untuk para pemenang. Dan untuk peserta yang belum berhasil jangan bersedih ya, masih banyak event lainnya kok. Tetap semangat ya!

Terimakasih untuk seluruh rekan Dewan Redaksi SMKN 2 Terbanggi Besar yang telah bekerja keras untuk mendokumentasikan event ini. Jadikan Dewan Redaksi sebagai wadah/organisasi baru yang bisa memperkenalkan nama sekolah kita di tingkat nasional.

Demikian liputan kegiatan acara tanggal 19 November 2016.
Terimakasih telah membaca artikel “SMKN 2 Terbanggi Besar – Memupuk Kreativitas Dan Jiwa Nasionalisme”
Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.

Salam, Ardi And Word

Subscribe to receive free email updates:

18 Responses to "SMKN 2 Terbanggi Besar - Memupuk Kreativitas Dan Jiwa Nasionalisme"

  1. Beh... MAs Ardi ini gagal fokus sama pemilik gambar yang jura itu yes? hhee
    Eh emang bagus loh gambarannyaa.,. keren acaranya..
    Itu liputan acara di skolahnya smean kah,? hhee
    Daripada corat coret di bangku, mending bikin grafiti aja yes hhee
    TFs yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes bener banget! Mending buat grafity

      Hahah tau aja mbak ini.. selain gambarnya yang enak dipandang orangnya juga enak dipandang kok.. hehehe

      Ini liputan di sekolahku mbak, bukan SMEAN tapi STM
      Wajah anak STM udah mirip anak SMEA ya? Hahaha

      Delete
    2. Duh.. udah kenalan pa belum nih MAs Ardi sama perempuan tsb. xixixixixi

      Yah, Smean itu maksudnya "samean", mas. Itu berasal dri bahasa Jawa, yang dalam Bahasa Indonesia bermakna "Kamu" heheheee

      Delete
    3. Belum, keburu pingin pulang sampe lupa kenalan.. wkwk

      Oo.. smean-samean-sampean-
      Ohh.. iya iya.. mudeng hahahah..

      Delete
    4. Hahahaa.... Iya iya,,,, smoga bisa berjumpa di lain waktu sama pemilik gambar yang cantik sesuai dg orangnya hhee

      xoxoxoxoxoo :D :D :D

      Delete
  2. naa ini baru sekolah idaman ya, sekolahnya menyediakan tempat berkreatifitas dek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget! Ini sekolah idaman.. apalagi kalua biaya-nya dikurangin.. uhh jatuh cinta banget aku.. #colek pak komite

      Delete
    2. hahahahah masalahnya dibiaya ya dek :). kalau sekolah unggulan mas rasa wajar sih agak gimana harga nya, ad beasiswa kan disana mas

      Delete
    3. Iya sih sekolah unggulan.. tapi biayanya ituloh.. udah ngalahin PTN di Lampung

      Delete
    4. Iya seriusan!
      Biayanya bisa bikin sakit kepala tujuh hari tujuh malam sebelum ujian semester..

      Tapi ya gitulah, kalau ada beberapa anak yang lolos LKS tingkat nasional langsung dihajar sama beasiswa ke Jepang

      Delete
    5. hoooo pantes, langsung di lempar ke jepang kalau bagus dan berprestasi :)
      gile motivasi untuk memacu penerus bangsa

      Delete
  3. Wah keren gan sekolah nya ( padahal sekolah sendiri )
    dalam pembangunan kreativitas anak anak di sekolah , mengadakan lomba seperti ini dapat memberikan motivasi bagi murid , bahwa di balik kenakalan coret'' sampah sampah yang ada bisa menjadi bahan yang indah dan bisa berguna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya.. bener tuh.. sekolahku keren kan..

      Besok besok kalau ada yang buang sampah sembarangan kangan lupa di pungut ya ta... bikin karya limbah untuk hiasan rumah.. wekekek

      Delete
  4. Gdjob! Walaupun nakal tapi banyak prestasi! Sukses terus SMK N 2 Terbanggi Besar!

    ReplyDelete
  5. Terbanggi besar ini daerah mana yaaa ??? #Langsunggoogling

    ReplyDelete
  6. Wah ini sekolah percontohan, segala aspeknya di maksimalkan dan di kembangkan dengan baik

    ReplyDelete

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Ardi And Word
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus^^
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas