Yuk Berwisata Ke Pulau Pahawang! Jelajahi Surga Bawah Laut Indonesia


Tak terasa sebentar lagi tahun akan berganti. Musim liburan yang dinanti banyak orang akan segera datang. Lalu apakah kamu sudah memiliki tujuan destinasi wisata untuk mengisi hari liburmu?

Kalau belum, saya punya sedikit saran nih. Untuk kamu yang masih bingung memilih tujuan wisata, boleh deh lirik Pulau Pahawang yang terletak di Provinsi Lampung.

Kenapa harus Pulau Pahawang?
Nah untuk pertanyaan di atas, kita simpan dulu ya...

---

Memilih tempat wisata memang bukan hal yang mudah. Jika salah memilih, kita bisa rugi secara finansial maupun batin. Gak mau kan, kalau liburan bikin dompet kamu menangis?

Nah untuk menghindari kerugian finansial, kita bisa melirik beberapa destinasi wisata yang dapat diakses dengan mudah dan dengan harga yang bersahabat, salah satunya adalah Pulau Pahawang.


Pulau Pahawang merupakan pulau yang terletak di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Letaknya yang mudah di akses dari Pulau Sumatera dan Pulau Jawa membuat Pulau Pahawang semakin ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Maka tak aneh, jika dalam 2 tahun terakhir pahawang semakin tenar di berbagai media sosial dan menjadi incaran para penggiat travelling.

Kesempatan ini tentu tidak disia-siakan oleh Dinas Pariwista Pesawaran, mereka bekerja keras mempromosikan Pulau Pahawang yang disebut-sebut bisa menjadi kandidat “Most Popular Hidden Paradise” dengan mengadakan Festival Pahawang 2016. Sesuai informasi yang saya dapatkan bahwa festival ini berlangsung pada tanggal 25-27 November 2016. Nah bagi kamu yang tertarik dengan festival ini, jangan sungkan untuk berpartisipasi ya. Atau kalau panitia punya kursi kosong, boleh dong diberikan ke saya.

Oh iya, sebelum saya menjelaskan secara rinci keindahan Pulau Pahawang, akan lebih baik jika kamu berkenalan dulu dengan Kabupaten Pesawaran. Kan ada tuh pepatah yang bilang “Tak Kenal Maka Tak Sayang” so kamu harus kenalan dulu sama kabupatennya, baru deh bisa jatuh hati sama Pulau Pahawang sampai gagal move on, hehehe..


Terlepas dari keindahan alamnya. Gedong Tataan sebagai Ibu Kota Pesawaran merupakan tempat yang cukup berharga bagiku. Disanalah saya dilahirkan dan di besarkan sampai usia 4 tahun. Jadi, boleh dong kalau saya juga ikut mempromosikan sektor surga wisata yang belum garang di kancah internasional ini, barangkali setelah saya berbagi informasi ini akan ada banyak orang yang tertarik dan memberikan feedback yang baik untuk tempat wisata ini.

Pokoknya kamu gak bakal nyesel deh kalau berlibur ke Pulau Pahawang. Dunia bawah lautnya sangat cocok untuk para traveler yang hobi snorkeling dan mengabadikan momen di dasar laut. Selain itu ada banyak hal yang bisa kamu di temukan di Pulau Pahawang loh.

Dan seperti yang saya bilang di awal tadi, kalau Pulau Pahawang ini mudah di akses dari Pulau Jawa.
Kurang lebih perjalanan yang akan kalian tempuh seperti ini.


Untuk traveler yang berasal dari Jakarta, kamu bisa naik bus dari terminal kampung rambutan menuju Pelabuhan Merak. Lalu beli tiket kapal ke Pelabuhan Bakauheni. Setelah sampai di Pelabuhan Bakauheni, kamu bisa menyewa mobil ke arah Dermaga Ketapang.
Namun bagi kamu yang bingung, setelah sampai di Bakauheni, kamu bisa naik bus jurusan Terminal Rajabasa. Lalu naik angkutan umum jurusan Tanjung Karang (warna biru). Setelah itu kamu harus kambali menaiki angkutan umum jurusan Teluk Betung (warna ungu) dan berhenti di Gudang Garam. Setelah itu menaiki pick up ke Dermaga Ketapang. Setelah sampai di Dermaga Ketapang, kamu bisa menyewa kapal menuju Pulau Pahawang.

Setelah sampai, kini saatnya untuk menjelajahi setiap sisi pesona bahari Pulau Pahawang!


Ketika kaki telah berpijak di Pulau Pahawang, mata wisatawan langsung dimanjakan dengan berbagai pemandangan yang ada di pulau itu. Pantai pasir putih dan pemandangan alam perbukitan serta pepohonan hijau yang menjulang tinggi dijamin menambah semangat para wisatawan untuk menjelajahi pesona sekitar pulau pahawang.

Pulau pahawang sediri terbagi menjadi dua, yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Pahawang besar adalah tempat dimana masyarakat pahawang bermukim, sedangkan Pahawang Kecil adalah sebuah pulau kosong yang di dalamnya terdapat satu cottage milik warga asing.


Dengan menyewa kapal milik warga setempat, kamu bisa berkeliling menikmati pemandangan sekitar pulau pahawang. Dan tak hanya menikmati pemandangan saja loh, kamu juga bisa melakukan olahraga diving ataupun snorkeling untuk menikmati surga bawah laut pahawang.

Lalu dimana saja sih spot terbaik yang menjadi tujuan wisatawan?

Dari berbagai media yang saya baca, Pulau Pahawang Besar, Pahawang Kecil, Pulau Kelagian, Cukuh Bedil dan Tanjung Putus merupakan tempat wisata terbaik yang menyimpan sejuta keindahan di dalamnya. Maka tidak heran, ada banyak wisatawan yang sengaja memasukkan tempat-tempat tersebut sebagai spot yang wajib dikunjungi ketika berwisata ke Pulau Pahawang.

Lalu pesona apa saja yang ada pada tempat-tempat tersebut? Yuk simak ulasannya!

Pulau Pahawang Besar atau yang sering kita sebut dengan Pulau Pahawang, merupakan pulau utama yang mewakili setiap potensi wisata di sekitarnya. Di pulau ini, kamu bisa bercengkrama dengan penduduk sekitar dan mengabadikan setiap momen bersama anak-anak desa.

Jika ingin berjalan-jalan di bibir pantai, kamu akan menjumpai deretan pohon nyiur yang senantiasa menyambut kedatanganmu.
Ditambah dengan air lautnya yang berwarna biru jernih sangat pas dipadupadankan dengan bukit pepohonan hijau sehingga dapat dimanfaatkan oleh wisatawan sebagai ajang berfoto selfie ataupun wefie.

Belajar menanam bibit bakau juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pahawang ini, namun wajib diketahui bahwa acara Wisata Konservasi Mangrove ini tidak diadakan setiap saat sehingga bagi wisatawan yang tertarik untuk mengikuti serangkaian acara ini wajib mencari tahu kapan acara ini diadakan.

Dan bagi wisatawan yang ingin berlibur di Pulau Pahawang dalam beberapa hari, tak perlu merasa khawatir karena di Pahawang Besar terdapat beberapa penginapan beserta tempat makan, jadi kamu tinggal pilih deh mau menginap dan makan dimana.

Untuk pengunjung yang ingin snorkeling ataupun diving, saya sarankan untuk memakai peralatan lengkap sehingga aktifitas di dalam air menjadi lebih aman dan nyaman. Oh iya, bagi kamu yang tak mau direpotkan, bisa menyewa peralatan snorkeling pada penduduk setempat beserta kapal yang digunakan untuk mencari spot snorkeling pilihanmu.


Seperti yang sudah saya jelaskan di awal artikel, Pulau Pahawang adalah surga bawah laut yang akan membuat para wisatawan merasa takjub setelah menyelam dan melihat keindahan bawah air yang mempesona. Di dasar laut, wisatawan dapat berjumpa dengan si ikan badut “Nemo” dan beragam biota laut lainnya, seperti bintang laut, bulu babi, bahkan tak jarang kamu bisa bertemu dengan ubur-ubur kecil.

Untuk kamu yang ingin mejelajah laut pahawang lebih jauh lagi, saya sarankan agar kamu mengunjungi Cukuh Bedil dan Gosong Bekri.

Kenapa?



Karena kedua tempat ini ada spot snorkeling dan diving terbaik. Dimana saat kamu mengunjungi Cukuh Bedil, kamu akan menjumpai papan bawah laut bertuliskan “Taman Laut Pahawang” yang biasanya dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk selfie dalam air.
Sedangkan di Gosong Bekri, kamu bisa berenang sambil menyaksikan beberapa candi yang letaknya berada di dasar laut yang dangkal. Unik bukan, candi berada di dalam laut?
Nah momen ini bisa juga loh dimanfaatkan sebagai spot selfie bawah air.


Tak jauh dari kedua pulau ini, wisatawan dapat meneruskan perjalanan ke Tanjung Putus. Tempat ini disebut-sebut sebagai surga yang hilang di alam Indonesia. Airnya yang sangat jernih, dan pasirnya yang putih membuat banyak traveler jatuh hati pada tempat ini. Belum lagi dengan biota lautnya yang tak kalah menarik, disini wisatawan dapat menemukan terumbu karang, anemon, ikan badut, dan juga kerang berukuran besar.


Dan sesuai namanya, Tanjung Putus. Tempat ini menyimpan keunikan tersendiri dibandingkan spot lainnya. Ketika air sedang surut, sepintas akan terbentuk jembatan alami yang menghubungkan Pulau Tanjung Putus dengan pulau lainnya. Dan sebenarnya, jembatan itu adalah dasar laut yang timbul dikarenakan air sedang surut.


Keindahan Pulau Pahawang masih berlanjut loh gaes!
Layaknya Pantai Kuta, di Pulau Pahawang kamu juga bisa menyaksikan semburat jingga ketika matahari terbenam. Suasananya yang lebih tenang daripada Pantai Kuta, memberikan ketenangan agar wisatawan dapat menyaksikan sunset dengan lebih santai. Dan yang pasti, momen ini wajib untuk di abadikan ya gaes!

Nah sekarang sudah tahu bukan, mengapa saya merekomendasikan Pulau Pahawang sebagai tujuan destinasi wisata yang bersahabat dengan warga Indonesia.

Jadi, jangan lupa untuk berwisata ke Pulau Pahawang ya gaes!
Berwisata sambil menjelajahi surga bawah laut Indonesia.


Terima kasih telah membaca artikel “Yuk Berwisata Ke Pulau Pahawang! Jelajahi Surga Bawah Laut Indonesia”
Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian. Dan jangan sungkan untuk membagikan pangalaman dan pendapatmu mengenai Pulau Pahawang pada kolom komentar.

Salam, Ardi And Word

Subscribe to receive free email updates:

30 Responses to "Yuk Berwisata Ke Pulau Pahawang! Jelajahi Surga Bawah Laut Indonesia"

  1. Asyik banget tempatnya ya, masih asri tempatnya juga ga jauh dari ibukota ya. Semoga wisatawan semakin mengenal potensi wisata Lampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga wisatawan dari seluruh pelosok negeri bisa tahu mengenai keberadaan Pulau Pahawang ini

      Delete
  2. aku penasaran denagn banyak pantai di lampung jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi.. yuk lah kita mbolang ke pantai pantai di lampung

      Delete
  3. Baru dengan pulau Pahawang yang terletak di pulau Lampung ini gan. Sepertinya asik ya terlihat dari berbagai cuplikan - cuplikan yang ada. Apalagi bisa bertemu nemo dan anemon lautnya hihihi. BTw jaraknya cukup jauh gak dari pusat kota Lampung atau dari kota kabupatennya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaraknya gak terlalu jauh kok dari Jakarta, dan pastinya deket sama Bandar Lampung

      Delete
  4. Waow keren pemandanganya Di, kemaren aku udah liat di TV, beneren bagus

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Sipp... kalau mau ke sono jangan lupa ajak w juga

      Delete
  6. Tempatnya keren, sayang ya jauh dari tempatku,ya semoga nanti bisa kesampaian ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, saya doakan semoga bisa berkunjung ke Pahawang kalau bisa sih bareng saya, saya juga tertarik banget ingin ke situ

      Delete
  7. wah keren sekali tempat wisata nya , ternyata di lampung masih banyak tempat pariwisata yang belum saya ketahui di lampung
    nice gan artikel nya , mungkin kapan kapan tak ajak deh hehehehehehehe
    kalau ada duit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, udah ada yang ngajak...

      Delete
  8. Waow keren pemandanganya, kemaren aku udah liat di TV, beneren bagus dan indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kapan kapan ke Pulau Pahawang bareng bareng! Biar kita gak cuma nonton di tv :-)

      Delete
  9. Keren banget mas infografis dan tulisannya.. apalagi info wisatanya itu lho, bikin pengen kesana.

    ReplyDelete
  10. Baru denger pulau pahawang kayaknya sejuk deh klo kesana tapi tempatnya jauh dilampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm.. ente dari indonesia bagian timur ya?
      Kalaupun jauh, pas maen ke sana bisa langsung ke bayar deh sama keindahan alamnya

      Delete
  11. Mantaf ni jadi kepengen jalan-jalan gan :D

    ReplyDelete
  12. Sudah lama pgn wisata bawah laut, penjelasan artikel diatas bikin saya makin ngiler n ngebet kesana

    ReplyDelete
  13. Wah ada peningkatan design animasinya nih... makin keren aja deh tampilan infogrphicnya!...
    Btw aku udah pernah kesana dan emang keren2 banget deh pemandanganya, seru abis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sttt... ini juga lagi mode belajar buat infographic

      Tuh kan tempatnya kerenn! Aku juga pingin banget ke sana!

      Delete
  14. ya keren gan apa lagi jembatan alaminya yang menghubungkan dua pulau, dan spot spot lain pun sangant memanjakan mata para pengunjung hheheheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liburan akhir tahun kita kesana yuk!

      Delete
  15. Artikelnya bagus banget Di, apalagi dari sumber pribadi karena kamu asli Lampung, sukses ya Di, amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas, iya asli lampung mas. Kapan kapan kita main bareng ke Pulau Pahawang yuk

      Delete
  16. great tips! bermanfaat sekali dan menginspirasi!

    ReplyDelete

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Ardi And Word
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus^^
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas