Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com


Pernah gak sih terbayang dibenak kalian mengenai beragam keunggulan menggunakan top level domain  .net/.com  pada blog?

Pada postingan kali ini, saya akan berbagi pengalaman pribadi tentang betapa asyiknya ketika aktifitas ngeblog yang hanya dianggap sebagai kegiatan yang sepele bisa menjadi hobi yang menguntungkan.

Terutama untuk kamu yang masih remaja, sama sepertiku. Jika dimanfaatkan dengan benar, hobi ini bisa membawa keberuntungan untuk kita loh, bisa menambah uang saku, untuk beli pulsa, dapat gadget baru, dan masih banyak lainnya. Dan yang pasti, hal ini tak terlepas dari dukungan domain dotcom dan dotnet yang akan kamu gunakan untuk membangun blog atau website. Hanya saja, kalau kamu memang ingin memulai hisup sebagai seorang blogger harus tetap berhati-hati gaes.

Kenapa? Karena sekali melakukan kesalahan bisa bisa website jadi berantakan dan artikelpun tdak lagi diindex oleh mesin pencari. Untuk itu, coba deh simak ulasan Kesalahan Blogger Pemula yang masih sering terjadi.

Tapi tenang... usaha gak pernah berbohong kok..

Masih tidak percaya?

Kalau begitu, simak ceritaku aja deh! Dijamin kamu akan percaya nantinya.


Awal cerita, saya memulai kegiatan blogging ini tepatnya pada Bulan Agustus tahun 2015 yang lalu. Hanya berbekal rasa ingin tahu, saya selalu mencoba hal-hal baru. Salah satunya dengan bergabung ke dalam grup-grup Blogger Indonesia di media sosial facebook.

Berharap mendapatkan ilmu baru dari para pakar, beberapa kali saya malah dihina dan dicaci maki oleh mereka. Ya, mungkin saja karena memang pertanyaan dan pernyataan yang saya berikan memang terkesan aneh dan cenderung konyol.

Tapi apakah saya sakit hati gaes? Enggak dong.
Karena dari grup luar biasa itulah saya bisa mendapatkan banyak ilmu seperti sekarang ini.

Setelah beberapa bulan menggandakan profesi sebagai blogger dan pelajar, tiba saatnya saya dipilih oleh sekolah untuk mewakili Lomba Kejuruan Design Web tingkat Provinsi Lampung pada bulan Februari tahun 2016 lalu di Perguruan Tinggi Teknorat.


Berbekal pemahaman sederhana tentang konfigurasi css dan html, saya tak menyangka bisa mendapatkan juara 3 dan mendapatkan uang pesangon sebagai bonusnya.
Jumlahnya memang tak banyak, tapi cukuplah untuk membeli sepatu running baru, pikirku saat itu.

Sekitar pukul 23.00 WIB sepulang dari lomba itu, impian untuk memiliki sepatu baru rasanya hilang begitu saja.

Jari-jari ini dengan asyiknya menjelajahi berbagai penyedia layanan domain dan membeli sebuah domain baru dengan url www.masardi.net yang dijual dengan harga Rp 120.000 yang mana berarti impian untuk memiliki sepatu baru disaat itu harus ditunda dulu.

Awalnya memang lumayan menyesal, sepatu impian yang sudah diidam-idamkan harus tergantikan dengan sebuah url yang wujudnya pun belum terlihat pasti. Namun setelah beberapa bulan saya mengupgrade domain, tiba-tiba  keajaiban datang menerpa.


Banyak postingan yang dulunya tenggelam disudut halaman pencarian google, kini mulai merangkak naik dan beberapa postingan lainnya bahkan sudah perkasa bertengger dipuncak pencarian. Bukankah ini pertanda yang baik?

Tak hanya itu saja, dua bulan setelah upgrade blog dengan domain dotnet saya merasakan dampak yang begitu luar biasa yaitu bisa kembali memenangkan Lomba Blog yang diselenggarakan oleh Blogger Indramayu dan terlebih tak menyangka keluar sebagai juara 1 yang mana berhak memboyong sebuah smartphone keren yang sudah support jaringan 4G. Barakallah.

Bahkan setelah beberapa minggu dari kemenangan lomba blog itu, saya masih diberikan kesempatan untuk memenangkan beberapa lomba blog lainnya. Sungguh kerja keras yang diawali uang Rp 120.000 disertai ridho Yang Maha Kaya, membuka peluang bagi pelajar sepertiku untuk tetap berkarya di blog sederhana ini.


Dan kini, setahun sudah saya menggeluti dunia perbloggingan ini. Walaupun masih berstatus pelajar, ngeblog bukanlah suatu halangan bagi saya untuk tetap eksis di sekolah ataupun ruang lingkup masyarakat.

Setelah paham betul betapa besar peluang dari dunia blogging ini, saya kembali menyisihkan sebagian rezeki untuk membangun blog baru. Blog yang saya dedikasikan untuk menambah pundi-pundi tabungan yang mana bisa digunakan saat saya duduk di bangku perkuliahan nanti.

Baca juga : Yeay! Aku Punya Blog Baru

Setelah otak kanan dan kiri berunding cukup alot dalam memutuskan nama domain yang cocok digunakan pada blog baru, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan domain www.idkurir.com sebagai plihan yang paling tepat.


Dan tidak ingin terkesan setengah-tengah, saya juga memutuskan untuk langsung menggunakan hosting pribadi pada blog baru yang berarti kita bisa menggunakan beberapa fitur keren dari wordpress, yang mana sangat cocok digunakan untuk membangun sebuah website dengan setting yang lebih mudah.

Namun tahukah kalian semua? Bahwa semua gadget dan domain yang sedang saya saat pakai ini, semuanya 100% saya dapatkan dari dunia blogging. Menabjubkan bukan?

Tapi patut untuk diingat!
Bahwa semua hasil yang saya dapatkan bukanlah pekerjaan mudah yang bisa didapatkan dengan waktu yang singkat. Terkecuali jika kamu memang konsisten, giat, dan punya ambisi kuat dalam mewujudkan impianmu di dunia blogging ini.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com Pada Blog


Dari kisah nyata yang saya uraikan di atas, kini kita tahu apa saja keunggulan ketika kita memutuskan untuk menggunakan top level domain .net/.com pada blog blog ataupun website yang sedang kita bangun. Nah agar lebih jelasnya lagi, kamu bisa melihat infographic dan uraian yang ada di bawah ini.


1. Lebih Profesional dalam Membranding Blog


Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa domain dotcom ataupun dotnet merupakan ekstensi domain terbaik dan yang paling relevan dengan pengakses internet di dunia.
Hal itu dapat dibuktikan dengan adanya tingkat kepercayaan pembaca yang tinggi terhadap domain itu terutama domain yang berekstensi dotcom.

2. Menjaring Lebih Banyak Pengunjung


Apakah mungkin, sebuah ekstensi domain dapat mempengaruhi jumlah pengunjung?

Saya rasa itu sangat mungkin!
Karena dengan menggunakan top level domain yang berkestensi dotcom ataupun dotnet, membuat url blog yang kita miliki lebih mudah untuk dibaca dan diingat. Maka tak menutup kemungkinan, kita akan memiliki pengunjung setia yang rela membuka situs kita berulang kali setiap harinya. Menambah pageview kan?

3. Sering Mendapatkan Tawaran Job Post


Tak bisa dipungkiri bahwa akhir-akhir ini blogger merupakan pekerjaan yang banyak diburu oleh startup maupun produsen terkenal dari dalam maupun luar negeri.
Beragam harga mereka tawarkan kepada setiap blogger yang memiliki potensi, mulai dari puluhan, ratusan hingga jutaan rupiah siap mereka gelontorkan.

Sayangnya tidak semua blogger bisa ambil bagian dalam kegiatan job post ini. Biasanya, peluang ini mereka tawarkan kepada blogger  yang memiliki blog dengan top level domain dan disertai dengan score DA dan PA yang baik.

4. Merasa Tertantang Untuk Selalu Menulis



Top level domain yang kita pasang di dalam blog bukanlah barang gratis ataupun barang sekali beli bisa jadi miliki sendiri. Melainkan suatu url yang wajib kita bayar pertahun agar kepemilikan dari domain tersebut bisa tetap berada di tangan kita.

Hal itulah yang membuat saya terus berambisi untuk tetap menulis, terutama di blog baru yang sedang dioptimisasi demi terlaksananya projek tahun 2017.

Dengan rutin menulis, Domain Autority dan Page Authority pada blog bisa meningkat tajam yang tentunya harus diseimbangi dengan jumlah pengunjung yang baik pula.

Gak rela kan jika domain yang sudah kita beli jadi tersia-siakan? Apalagi jika domain itu dibeli dari layanan domain dan hosting yang mahal. Makanya rajin menulis ya gaes!

Nah jika kamu berniat untuk menguprade domain menjadi top level domain dotcom ataupun dotnet, maka saya sarankan agar kamu beli di DotComForMe.

Mengapa harus beli di DotComForMe?

DotComForMe merupakan layanan penyedia domain dan hosting yang memiliki harga paling murah tanpa harus menunggu masa promosi.


Berbeda dengan penyedia layanan domain lainnya yang mematok harga yang lumayan mahal pada setiap pemesanan domain baru ataupun renew.
Setiap pembelian domain baru ataupun perpanjangan domain di DotComForMe, kamu hanya perlu membayar Rp 100.000 perdomain tanpa dikenakan biaya tambahan.

“Ini seriusan mas?”
Iya, ini seriusan! Setiap pembelian domain dotcom dan dotnet di DotComForMe kamu hanya perlu membayar Rp 100.0000 saja

“Terus gak ada promo gitu mas?”
Hm, ada dong! Pstt.. mau tau info lagi gak nih?

“Mau mau mau”
Nah coba deh simak ulasanku lagi.

Selain menyediakan layanan domain, DotComForMe juga menyediakan layanan paket hosting yang mana bisa dimanfaatkan untuk membangun website profesional via wordpress.org

Dan lagi-lagi kamu gak perlu cemas soal harga loh gaes!
Paket-paket profesional yang tersedia, bersahabat banget deh sama kantong kamu.
Lalu apa aja sih paket product layanan dari DotComForMe ini?

1. Paket Blogging



Harga dari paket blogging ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan harga domain dotcom diluaran sana, yaitu sebesar Rp 150.000/pertahun

Dengan memesan paket ini, kamu sudah mendapatkan domain dotcom, fasilitas custom email, wordpress intallment, dan hosting sebesar 500 mb.
Saya rasa untuk harga semurah ini, fitur yang ditawarkan sudah lebih dari cukup.

2. Business Beginner



Khusus untuk kamu yang baru pertama kali membuat website profesional, saya sarankan untuk memesan paket ini.

Paket seharga Rp 200.000/pertahun ini telah meyediakan beragam fitur yang sangat menggoda untuk dicoba. Dengan memesan paket ini, kamu bisa mendapatkan domain dotcom, hosting 1 GB, Unlimited Email, Bandwith 25 GB, Cpanel dan Softaculuous Auto Installer, akses penuh domain control manager, dan gratis template homepage dari DotComForMe.

Lalu apakah kamu tertarik dengan paket startup ini?

3. Business Intermediate (E-Commerce)



Jika kamu adalah salah satu orang yang tertarik untuk membuat atau sudah memiliki website dengan jumlah pengunjung yang sangat banyak seperti online shop. Maka saya sarankan agar kamu memilih paket Business Intermediate ini.

Paket yang dibandrol dengan harga Rp 500.000/pertahun ini adalah pilihan tepat bagi kamu yang punya website dengan lalu lintas yang ramai. Dan jika saya telisik lebih dalam lagi, fitur paket ini mirip sekali dengan paket seharga 1 jutaan ke atas yang pernah ditawarkan kepada saya. Dan kalau memang boleh jujur, saya kagum sekali dengan fitur paket ini yang mana memiliki harga termurah namun dengan spesifikasi yang gak murahan.

Di paket Business Intermediate ini, kamu akan mendapatkan sebuah domain dotcom, unlimited bandwith, unlimited space hosting, unlimited notif sms, e-commerce platform, 15 tema desain website, fitur seo, e-book tutorial, dan masih banyak lainnya.

Jadi sudah siapkah kamu untuk memiliki website profesional di layanan DotComForMe?

Jika kamu tertarik untuk menggunakan layanan dari DotComForMe, silakan hubungi kontak yang tersedia ya.


Nah, sekarang sudah tahu bukan berbagai keunggulan menggunakan top level domain .net/.com dalam membangun sebuah blog ataupun website? Jadi tunggu apalagi, yuk segera custom domain lamamu dengan top level domain di DotComForMe - #DotComForBlogging

https://competition.dotcomforme.com/

Terimakasih telah membaca artikel Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com dari saya. Semoga pengalaman yang saya bagikan ini bisa bermanfaat atau bahkan menginspirasi banyak orang terutama pelajar di Indonesia. Sekian dari saya.

Salam, Ardi And Word

Subscribe to receive free email updates:

62 Responses to "Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com"

  1. Wah.. aku juga mau nih punya domain.com tapi gk tau cara beli dan pengurusannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, kalau mau beli domain coba deh ke DotComForMe, disana harganya paling murah dan cara ngurusnya gampang kok, sudah ada tutorial di google, dan kalau masih bingung CS nya akan siap membantu kamu

      Delete
  2. sampai kapan pun bro, menggunakan top level domain menjadi keunggulan bagi semua bloggers . pasalnya , menggunakan top level domain kelihatan lebih profesional . nice post bro... salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih penjelasannya, wihhh omblogging sampai mampir ke blog sederhana ini, makasih sudah berkunjung, salam kenal juga

      Delete
  3. Setuju banget kalo blog yang sudah menggunakan domain pribadi itu lebih unggul. Makanya aku dulu langsung beli domain begitu mulai ngeblog. Salah satu keuntungannya ya bisa memonetize blog kita.
    Jadi makin semangat ngeblog nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku dulu pernah sih menganggap sebelah mata kalau TLD itu cuma penghias aja, tapi makin kesini kok ngerasa banget efeknya. Makanya pas build blog baru, langsung deh cus cas cus domain dan hostingnya sekalian

      Iya, makin semangat nih!

      Delete
  4. Lengkaap bangeg ulasannyaa. Kereen ardii maah masih pelajar tp uda jago desain dan nulisss. . Saluuttt deh, moga menang yak lombanya. Aamiin. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih makasih pujiannya ya mbak. Amin, semoga bisa menang

      Delete
  5. bener banget tuh gan. tapi yg utama sih tetep niat buat ngeblog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jhehehe, bener banget! Harus seimbang juga ya antara niat dan ekstensi penunjang

      Delete
  6. Cerita yang bagus tentang pengalaman blogging agan. Baydeway, pengalaman agan banyak juga tentang dunia blogging, ternyata agan membeli domain menggunakan uang hasil menang lomba? Menarik sekali...


    Oh iya Ana mau tanya, itu beneran paket ke 3 diatas (Blogging, Beginner, dan Intermediate) itu bayarnya pertahun? Masa iya sih 150rb / tahun untuk paket bloggingnya?

    Makasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seriusan, saya aja awalnya hampir dibuat gak percaya.. tapi pas konfirmasi sama miminnya, eh ternyata beneran..

      Delete
  7. tld domain emang sangat berguna , saya mau imigrasi dari web.id ke com tpi mau abisin dulu ini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan nunggu abis neng.. nanti redirectnya susah.. dan efeknya kalau jarang posting artikel jatuhnya malah kena deindex manual.. yuk yuk ganti sekarang.. hehe.. dotcom lebih murah loh

      Delete
  8. wih keren dong gan , jadi tambah deh pengetahuan
    pas pake domain net / com , masih blom ngerti kegunaan dan keuntungan nya
    sekarang tau deh :D nice artikel nya

    ReplyDelete
  9. Btw aku juga baru ganti ke top level domain bulqn kemarin, tujuannya agar lebih rajin aja ngeblog dan terlihat lebih profesional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itulah sata satu keuntungan dari custom domain, btw kenapa gak pake dotcom atau dotnet aja? Renewnya lebih murah loh dari domain yang kamu pake

      Delete
  10. Wih mantep infonya bro kalah aku kalau soal menulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua orang bisa menulis kok sob, yang penting mau mencoba dan baru lihat hasilnya

      Delete
  11. Saya juga pake nih domain .com, keliatan lebih kece dan mudah di ingat, wuahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih, udah beli domain lagi? Hm.. rasanya sahabat satu ini rajin banget ya build blog baru

      Delete
  12. aku pengen ganti ke tld net :g sayang nya asih ngumpulin dana :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak papa, semangat! Barangkali dalam waktu dekat ini bisa beli domain dotnet

      Delete
  13. Ternyata domain mempengaruhi index juga ya dan juga kepercayaan pembaca ke artikelnya itu sendiri. Memang sih orang2 dumay lebih percaya situs dengan domain (.)com atau sejenisnya karena ngelolanya pasti lebih serius ketimbang blog yg masih pakai domain blogspot(.)com :D

    ReplyDelete
  14. keren dah ceritanya pengen deh bsa dapet sesuatu dari blogging tapi apalah daya ane masih newbie dan hrus tetep semangat kalo mau dpt penghasilan dari blog, walupun masih newbie ane jg memberanikan diri buat beli domain ndot. com nih yah biar kliatan profesional dan bikin smangat ngeblog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesama nuebi kita toss duluu *tosss*

      La iya, walaupun kita nuebi tapi kalau memang serius harus berani mengambil keputusan untuk membangun sebuah website, salah satunya ya beli domain dotcom

      Delete
  15. pengin mulai ngeblog tapi bingung nentuin namanya nih mas :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa nentukan topik dulu mbak, kalau blog personal mungkin bisa pakai nama sendiri atau nama kesukaan..

      Kalau topik kesehatan bisa pakai nama yang sedikit mirip tentang kesehatan.. kalau mau jd beauty blogger mungkin bisa pakai nama asli atau nama cantik hehhee

      Delete
  16. keren bro,, dapet ilmu berguna dari artikelnya.. good luck ya u/ tulisannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama sama, semoga beruntung juga

      Delete
  17. Keren banget artikelnya, Ardi. Suka banget sama gambar-gambarnya!

    Gak ngebosenin bacanya.

    Saya sendiri setuju banget bahwa membeli domain merupakan langkah branding yang tepat.

    Terutama jika di domain tersebut tercantum nama kita, rasanya ingin blog kita dikenal di dunia perbloggeran Indonesia.

    Dan benar kata kamu, jadi tertantang untuk selalu menulis. Dikit-dikit kepikiran mau bikin artikel apa lagi untuk dipublikasikan.

    Sekarang, tinggal cara ngedapetin job sebagai seorang blogger.


    Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jhehehe makasih mas

      Nah itu, setelah bangun blog tantangan berikutnyabadalah cara "dapatin job"

      Psstt.. kalau ada job jangan lupa untuk bagi bagi ya

      Delete
  18. Asli banget, Mas.
    Kalo sudah pake TLD itu rasanya lebih ada tanggung jawab ya^^ :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget! Kalau gak nulis kerasa nyesel malah.. jadi terasa ada tuntutan gitu, ya walau kembali lagi ke awal tujuan ngeblog.. kalau memang sudah hobi ya bukan tuntutan lagi

      Delete
  19. Keren ulasannya mas.. mangstraab

    ReplyDelete
  20. Hai kak, aku juga ikutan lomba kak.
    Wah setuju banget, dalam artikelku juga bahas yang hampir sama kayak kakak. Tapi ya lebih nyerempet2 ke blogger perempuan sih. Kunjungi juga blogku yah kak.
    http://www.dhe-ujha.com/2016/12/magz-serunya-ngeblog-dengan-dotcom.html

    ReplyDelete
  21. Keren bro. Muda dan berprestasi. Great!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama masih muda dan berprestasi.. hehehe, semangat!

      Delete
  22. Kalau Saya Pribadi jika boleh menambahkan, punya domain TLD (DotNet dan DotCom) itu berguna banget kalau kita mau buat Kartunama utk promo blog kita.

    Kan keliatan profesional tuh pas kita tukeran kartunama sama blogger lain pas lagi ada acara2..

    Siapa tau bisa kerjasama bareng. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya betul itu, bisa tukeran kartu nama.. makasih tambahannya

      Delete
  23. mantap brota.. baca postingan ini jadi berasa pengen bikin blog lagi.. ehhh..

    nanti kalau sudah dewasa jadilah makin cemerlang dan bersinar ya Ardi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo mbak ira, bikin blog lagi jhehehee..

      Amin

      Delete
  24. wehhh kamu mah keren, ardi...
    lanutin terus kiprah nulisnya yaa....
    Salut lah sama kamuuu
    Suksess yaaa

    ReplyDelete
  25. beli di di dotcomforme lebih murah ya. jadi kepengen punya satu domain dot com lagi.

    ReplyDelete
  26. Aduh, baru mampir ke sini. Hihihi, jadi malu. Daaaannn.... langsung dibuat terpana sama infografisnya yang ciamik bambang. Wow! Keren nih, kudu banyak belajar bikin infografis sama Mas Ardi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh gak perlu malu lagi mas, masing masing blogger ounya amunisi tersendiri kok, hehe.. yang penting lulus 30 besar dulu, nah selanjutnya baru penilaian hehehe..

      Aku juga masih tahap belajar nih mas,
      dan berharap bisa dapat alat perang yang kuat untuk design yang lebih joss..

      Alat juga penting.. yuk yuk belajar bareng hehe

      Delete
  27. Banyak yang saya dapatkan ketika migrasa ke domain DotCom ..

    Nice Artikel :)

    ReplyDelete
  28. Wah, ceritanya keren dan inspiratif banget gan. Saya juga punya pengalaman yg menarik banget saat punya domain tld>>http://zonett.blogspot.co.id/2016/02/hasil-dari-ngeblog-yang-luar-biasa-yang.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya terima kasih, oke saya langsung main nih

      Delete
  29. Nice mas...lengkap dg alasan yg tepat serta infografis yg mumpuni. Saya suka penjelasannya dan jg kisah ngeblog mas.. Inspiratif. Moga menang ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mas Febriyan Lukito suka ama postingankun.. wihh.. makasih mas sudah mau mampir ke sini

      Delete
  30. Thank you Gan Informasi Tentang "Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com" Sangat Bermanfaat Untuk saya"...

    ReplyDelete
  31. Cita-cita saya dari dulu jaman masih sekolah adalah punya website pribadi. Dan Alhamdulillah akhirnya punya juga. dan saya gunakan TLD .com

    ReplyDelete

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Ardi And Word
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus^^
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas