Perjalanan Solo Backpacking di Singapura yang ‘Anti Mainstream’

source : pixabay.com

Melakukan perjalanan solo backpacking ke luar negeri bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan. Bagi warga Indonesia, Singapura seringkali dipilih sebagai tujuan backpacker perdana karena lokasinya yang cukup dekat.  

Namun, perjalanan wisata tentu akan membosankan jika mengunjungi tempat-tempat yang sudah umum dan dikenal banyak orang. Seperti Merlion Park, Universal Studio, Marina Bay Sands, ataupun Orchard Road. 

Oleh karenanya, cobalah mengunjungi tempat-tempat anti mainstream berikut ini agar perjalanan perjalanan solo backpacking Anda di Singapura lebih berwarna.

1. Tiong Bahru

source : wolfnitschke.com

Tiong Bahru merupakan sebuah kawasan hipster di Singapura. Di sepanjang kawasan ini, berderet tempat-tempat unik bergaya vintage. Salah satunya yang menjadi favorit para wisatawan adalah Books Actually, sebuah toko buku indie yang menjual berbagai koleksi buku serta pernak-pernik lucu.

Banyaknya street art yang dihadirkan oleh warga setempat juga menjadi daya tarik lain dari kawasan Tiong Bahru. Lelah berkeliling, Anda bisa bersantai di kafe-kafe dengan desain interior yang asik. 

2. Wheeler’s Yard

source : flickr.com

Tempat unik berikutnya yang bisa Anda kunjungi saat berkunjung ke Singapura adalah Wheeler’s Yard. Tempat ini dulunya merupakan sebuah gudang yang kemudian disulap menjadi kafe dan toko sepeda fixed gear. Jadi, sambil menikmati secangkir kopi, Anda juga bisa mengagumi aneka sepeda yang dipajang di dalam area kafe. Untuk menuju ke tempat unik ini, Anda bisa naik MRT dan turun di Stasiun Novena.

3. Museum of Toys

source : yebber.com

Bukan hanya Artscience Museum dan Singapore Art Museum saja yang terkenal di Singapura. Tak jauh dari kawasan Bugis, tepatnya di 26 Sean Street, terdapat Museum of Toys atau yang juga biasa dikenal dengan Moment of Imagination and Nostalgia With Toys (MINT).

Museum ini menyimpan sekitar 50.000 jenis mainan tradisional dari 40 negara, salah satunya Indonesia. Ada juga koleksi tokoh kartun anak-anak seperti Mickey Mouse, Astro Boy, Ultraman, Teddy Bear, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga : Yuk Berwisata ke Pulau Pahawang! Jelajahi Surga Bawah Laut Indonesia

4. Haji Lane 

source : pixabay.com

Di antara megahnya gedung-gedung tinggi dan pusat-pusat perbelanjaan modern yang ada di Singapura, ternyata terselip sebuah lorong unik yang bernama Haji Lane. 

Kawasan ini dulunya merupakan tempat berkumpul orang-orang Singapura sebelum naik haji. Namun, kini telah bertransformasi menjadi deretan toko fashion dan kafe-kafe bernuansa Timur Tengah.  

Haji Lane akan sangat asyik dikunjungi saat sore hari menjelang malam. Untuk menuju ke sana, Anda bisa berjalan kaki sekitar 10 menit dari stasiun MRT Bugis menuju ke arah Kampong Glam.  

5. Haw Par Villa

source : de.wikipedia.org

Jauh sebelum Universal Studio dibangun di Sentosa Island, Singapura sudah memiliki taman bermain yang bernama Haw Par Villa. Secara kualitas, wahana permainan yang dihadirkan di dalamnya sudah pasti kalah dengan taman bermain modern. Namun, Haw Par Villa tetap menjadi taman bermain yang unik dan khas karena tema yang diusungnya. 

Di dalam taman yang berlokasi di daerah Pasir Panjang ini, Anda bisa melihat kurang lebih 1.000 buah patung dan 150 diorama yang melukiskan legenda, sejarah, mitos, ataupun cerita rakyat dari Tiongkok.

Tips Solo Backpacking ke Singapura

source : pixabay.com

Bagi Anda yang baru akan memulai perjalanan solo backpacking ke Singapura, berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.

  1. Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah merencakan perjalanan dengan sangat matang. Hal ini termasuk di mana Anda nantinya akan menginap, tempat-tempat wisata yang akan dituju, serta transportasi untuk menuju tempat wisata tersebut. 
  2. Banyak-banyak minum air putih selama perjalanan. Karena cuaca di Singapura hampir sama seperti di Indonesia, yaitu panas dan lembap.
  3. Gunakan ransel dan bawa barang secukupnya saat bepergian.
  4. Cari makanan yang murah meriah. Beberapa sentra kuliner di Singapura yang bisa Anda coba di antaranya ada Maxwell Food Centre di Kadayanallur Street, Lau Pa Sat Festival Market di Rafless Quay, serta Newton Food Centre. Di sentra-sentra kuliner tersebut juga terdapat gerai-gerai yang menjajakan makanan halal.
  5. Tarif taksi di Singapura relatif mahal. Karenanya, lebih baik Anda naik bus atau MRT. Untuk menggunakan moda transportasi tersebut, Anda bisa membeli kartu EZ Link di stasiun MRT atau membeli tiket sekali jalan.

Pilihan Hotel Murah di Singapura yang Nyaman dan Ramah di Kantong


Soal penginapan, Anda juga tidak perlu bingung. Karena ada banyak pilihan hotel murah di Singapore yang bisa Anda pesan dengan mudah melalui Traveloka. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Sleepy Kiwi Boutique Hostel


Sleepy Kiwi Boutique Hostel menawarkan sarana menginap yang murah di lokasi yang strategis. Lokasi hostel ini berada tepat di jantung kawasan Kampong Glam, salah satu kawasan bersejarah yang banyak dikunjungi wisatawan. Harga yang ditawarkan untuk kamar bertipe Dormitory mulai dari Rp150.000 sampai Rp180.000 per malam.

2. Footprints Backpacker Hostel


Hotel yang satu ini terletak di kawasan Little India. Dari hotel, Anda hanya perlu berjalan kaki untuk menuju beberapa tempat menarik seperti Kuil Sri Veeramakaliamman ataupun pusat perbelanjaan The Verge dan Sim Lim Square. Jika tertarik, hotel murah di Singapore ini menawarkan tarif per malam mulai dari Rp200.000 sampai Rp250.000,00 untuk satu kasur di dalam kamarnya yang berkonsep shared bedroom.

3. 5foofway.inn Project Boat Quay


Hotel murah di Singapore berikutnya adalah 5footway.inn Project Boat Quay. Lokasi hotel ini berada Jalan Boat Quay, salah satu kawasan teramai di Singapura. Adapun tarif menginap yang ditawarkan per malamnya mulai dari Rp300.000.

Demikianlah ulasan singkat mengenai tempat-tempat wisata anti mainstream di Singapura, tips solo backpacking ke Singapura, serta pilihan hotel murah di Singapura yang bisa Anda jadikan tujuan. Semoga bermanfaat dan selamat merencanakan perjalanan Anda!

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Perjalanan Solo Backpacking di Singapura yang ‘Anti Mainstream’"

  1. Belum pernah liburan ke luar negeri. Tapi bisa buat motivasi bikin pasport hehe

    ReplyDelete
  2. rekomendasi dan referensi tempat liburan yang bagus,
    jadi bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki

    ReplyDelete
  3. tq gan, rencananya tahun depan ane mau ke singapur sama bini

    ReplyDelete
  4. Nice artikel, kayaknya agenda libur natal kesingapur aja gan :)

    ReplyDelete

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Ardi And Word
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus^^
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas