Cari artikel di sini dan enter....

Bisnis Cara Ternak Pleci Untuk Usaha Modal Kecil

usaha rumahan , Burung pleci merupakan salah satu burung kisau yang mulai diternakkan oleh para pecinta burung pada sekitar tahun 1999 dan meroket ketika memasuki tahun 2012. Burung pleci dari tahun ke tahun semakin jarang di temui di alam bebas, hal ini dikarenakan semakin banyaknya peminat burung pleci sehingga kemudian perburuan liar marak terjadi untuk menerima burung imut bersuara cantik ini.

Dahulu, burung ini biasa ditemui di beberapa taman kota, di pedesaan dan di pepohonan dengan mudah, namun kini burung plecii semakin sulit ditemui. Untuk itu, kemudian pecinta burung mencoba membiakkan burung pleci di penangkaran dengan impian populasi burung yang satu ini dapat terjaga serta bukan tidak mungkin dapat dijadikan sebagai perjuangan rumahan atau perjuangan sampingan ternak burung pleci yang berbasis hobi.



Sayangnya, sampai kini, bagi sebagian peternak burung, penangkaran burung pleci tidak lah mudah. Ternak burung pleci tergolong susah - susah gampang. Namun, kalau ada orang yang berhasil menangkar berarti siapapun tentu mampu membudidayakan burung pleci. Berikut ini akan saya paparkan cara ternak burung pleci yang mudah untuk pemula :
  • Persiapan Indukan Burung Pleci
    Untuk menghasilkan anakan pleci yang bagus, maka anda memerlukan indukan yang berkualitas, indukan dikatakan berkualitas apabila :
    1. Untuk pemula usahakan induk jantan dan betina berasal dari jenis yang sama sehingga memudahkan langkah anda dalam mengembang biakan burung pleci.
    2. Indukan sudah berusaha sampaumur setidaknya sudah berumur satu tahun namun jangan terlalu tua
    3. Indukkan jantan sudah rajin bunyi atau bahkan buka paruh. Hal ini untuk menarik perhatian betina semoga mau dikawin sama si jantan.
    4. Indukan betina sudah jinak minimal jinak lalat atau sudah tidak takut lagi pada kehadiran manusia. Ini berkaitan eksklusif dengan tingkat stress kalau belum jinak.
  • Persiapan kandang
    Ada beberapa jenis sangkar burung yang biasa kita kenal yaitu sangkar burung aviari, kandan soliter dan kandan koloni. Kandang soliter berukuran kecil sementara sangkar koloni berukurang besar untuk sekelompok burung. Kandang aviari merupakan jenis sangkar yang dibentuk mirip habitat asli burung dengan ukurang mampu terbatas mirip soliter maupun besar mirip sangkar koloni.

    Sebaiknya, untuk perjodohan burung pleci gunakan sangkar aviari dengan ukuran sangkar soliter semoga burung tidak terlalu bebas terbang sehingga proses perkawinan dapat berjalan lebih cepat.
  • Sarang telur
    Karena kita akan ternak burung pleci maka tentu kita akan membutuhkan sarang untuk bertelur. Anda mampu membuatnya sendiri dengan serat nanas, kapas lalu di tahan dengan kawat. Bisa juga anda membelinya di pasaran. Burung pleci berukuran kecil sehingga tidak membutuhkan sarang bertelur yang besar.
  • Tempat
    Untuk menerima hasil maksimal, usahakan sangkar burung pleci nantinya di letakan atau ditagantung di daerah yang tidak terlalu ramai untuk menghindari stress alasannya yaitu kebisingan. Selain itu, tingkat pencahayaan juga perlu anda perhatikan, usahakan daerah sangkar berada di daerah yang cukup cahaya sehingga hangat.
Tahap perawatanJika sudah anda dapatkan sepasang burung pleci yang birahi dan jodoh. Maka anda tinggal menunggu proses perkawinan serta bertelur. Jika nantinya telur tidak dierami oleh si betina, maka ambil burung jantan yang ada di dalam sangkar dan pisahkan.

Masa pengeraman biasanya terjadi selama 10 hari gres kemudian menetas. Apabila sudah menetas, maka biarkan selama sepuluh hari diasuh oleh indukan. Apabila sudah kurang lebih 11 hari atau ketika anakan burung sudha mulai keluar dari sarang, maka anda mampu melaksanakan proses pelolohan atau sumbangan pakan oleh kita. Namun kalau anda tidak ingin melakukannya anda mampu membiarkan indukannya yang memberi makan.
cara ternak burung pleci

Pemberian pakanUntuk indukan perlu di beri asupan pakan yang cukup. Kroto, multivitamin, pisang, jangkrik maupun voer mampu anda jadikan sebagai pakan indukan.
Analisa Usaha
Dalam dunia perburungan, animo yaitu nilai jual yang sangat mahal. Untuk itu, perlu diperhatikan animo burung ketika ini. Adapun untuk burung pleci, peminat burung ini sangat banyak dan dimulai pada awal tahu  2013, burung ini mulai dicari - cari oleh para kicaumania.

Burung ini belum banyak yang membudidayakannya, maka masih menjadi peluang perjuangan rumahan yang dapat menunjukkan anda keuntungan. Namun, dalam menangkar burung memang tidak semudah yang kita lihat, tidak semudah membaca artike cara ternak pleci, namun dengan tekad besar, dan kemauan yang terus menyala tentu akan membuat anda menemukan formula serta mengalami trial dan eror.

BERIKAN KOMENTAR ()