Cari artikel di sini dan enter....

Bisnis Usaha Rumahan Budidaya Ikan Gurami Yang Menjanjikan

Usaha Rumahan | Saya pernah di tanya, sebetulnya apa keuntungan dari perjuangan rumahan? pertanyaan tersebut yang kemudian melatar belakangi gue untuk menulis dan membuat blog yang bertema urusan ekonomi rumahan. Saya kira Indonesia akan maju jikalau banyak rumah yang menjalankan urusan ekonomi sebagai bentuk kemandirian sehingga akan meningkatkan kemajuan ekonomi Indonesia.

bisnis rumahan ikan gurami

Diantara banyak kelebihan usaha rumahan ialah modal yang kecil. Anda tidak perlu memikirkan biaya sewa tanah atau tempat. Selain itu anda juga mampu lebih leluasa mengatur waktu anda dan yang paling menyenangkan ialah anda tetap mampu melaksanakan acara yang anda sukai, bermain dengan keluarga, beribadah sempurna pada waktunya dan sebagainya. Dan diantara banyak usaha rumahan yang menjanjikan ialah budidaya ikan gurami.

Ikan gurami sendiri sudah tidak aneh bagi kalangan warga Indonesia. Dengan ciri khas badan yang besar dan daging yang lezat membuat ikan gurami menjadi ikan yang sangat di gemari di Indonesia. Ini tentu menjadi peluang bisnis rumahan bagi para peternak ikan gurami alasannya ialah nyatanya, stok seruan masih belum terpenuhi alasannya ialah persediaan ikan gurami yang masih kurang. Dengan kondisi yang menyerupai ini, menimbulkan perjuangan rumahan budidaya ikan gurami menjadi sangat potensial untuk menghasilkan uang untuk anda.

Untuk itulah gue akan menuliskan sebuah artikel yang khusus membahas perihal budidaya ikan gurami pada artikel 

Usaha Rumahan Budidaya Ikan Gurami Yang Menjanjikan

Semoga artikel ini menjadi wangsit bagi anda serta menjadi langkah awal anda dalam mengarungi duni urusan ekonomi yang begitu menantang dan melatih sluruh potensi kita.

# MENGENAL IKAN GURAMI

Ikan gurami atau yang memiliki nama latin Osphronemus goramy merupakan jenis ikan air tawar yang sangat di gemari oleh masyarakat di negara Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ikan Ini berasal dari perairan Sunda. Jenis makan ikan gurami ditentukan oleh umur pertumbuhan, pada umur hingga 5-7 hari ikan gurami menggunakan sisa - sisa kuning telur yang menyatu dengan tubuhnya. Setelah umur gurami 5-7 hari, ikan gurami akan mamakan tumbuhan - tumbuhan kecil atau phytoplankton. Pada umur 1 bulan ikan gurami mulai memakan plankton dan setelah itu gres mulai memakan tumbuhan air, hewan - hewan air kecil dan siap ditebari pelet.

Ikan gurami tidak harus di pelihara di kolam yang airnya deras. Tidak menyerupai ikan mas yang memang berasal dari sungai, ikan gurami berasal dari rawa sehingga tidak membutuhkan pedoman sungai yang deras. Ikan gurami akan berkembang biak atau siap bertelur ketika umurnya telah mencapai 2-3 tahun dengan menghasilkan 500 - 3000 butir telur.

# JENIS BISNIS IKAN GURAMI
Dari ikan gurami, kita dapat menjalankan banyak sekali bisnis. Mulai dari menjadi peternak, menjadi penjual dan pengepul serta menjadi pengolah ikan gurami. Lebih baiknya anda mampu menjalankan ketiganya sekaligus. Anda memelihara ikan gurami, anda juga mengumpulkan ikan dari para pembudidaya ikan gurami serta anda juga mengolah ikan gurami sebagai kuliner warungan atau resto. Beriktu ini jenis urusan ekonomi rumahan yang mampu anda jalankan sebgai pembudidaya :

1. Bisnis telur ikan gurami
Tidak menyerupai ikan mas yang bertelur sembarang tempat. Ikan gurami membutuhkan daerah khusus untuk bertelur yaitu sarang. Untuk itulah, biasanya para pembudidaya membeli indukan siap telur kemudian menaruhnya ke kolam tanah dengan kedalaman tertentu. Setelah itu, anda mampu menaruh sarang dari serabut kelapa yang anda taruh di kolam tersebut.

Telur - telur ikan gurami akan menempel di sarang tersebut serta anda dapat menjualnya dengan hitaungan persarang atau mampu juga perbutir telur. Untuk harga persarang maupun pertelur berbeda - beda di tiap daerah dan tiap musim. Tiap butir telur mampu bisa dipatok 15 - 30 rupiah. Kelebihan jenis perjuangan ini, anda tidak sulit dalam menjalankannya, pakannya pun mampu di tekan dengan daun talas dan rampelan.

2. Pembesaran Ikan
Untuk pembesaran ikan nantinya akan kita bagi menjadi dua jenis, ikan kolam terpal dan ikan kolam tanah. 
Setelah telur kita dapatkan, kita taruh ke dalam kolam atau baskom besar. Biarkan telur menetas semua selama beberapa hari. Kemudian pada ketika semua telur sudah menetas segera kita taruh ikan gurami  tersebut ke kolam terpal yang telah kita siapkan sebelumnya.

Pada ketika ikan gurami telah mencapai ukuran biji oyong atau sekitar 3-4 minggu. Kita mampu menjualnya kepada para peternak maupun kepada pengepul. Inilah panen pertama yang mampu di dapat dalam perjuangan pembesaran ikan gurami. Anda mampu menjualnya pada banyak sekali ukuran sehingga tidak harus anda fokus pada pembesaran ikan konsumsi.

Anda mampu juga membeli ikan ukuran biji oyong kemudian anda jual pada ketika ukuran satu silet. Atau anda memulainya pada ukuran satu silat hingga hingga ke urkuran telapak tangan. 

Analisa perjuangan dari urusan ekonomi ini tentu berbeda dari umur ikan gurami. Dan pembesaran ikan gurami merupakan jenis urusan ekonomi yang paling mendatankan keuntungan besar. Namun, semakin besar ikan gurami maka biaya pakan akan semakin besar mengikuti keuntungan yang akan kita dapatkan. Hanya sebagai gambaran, ikan gurami ini mampu mendatangkan anda keuntungan hingga seratus persen atau kita misalkan jikalau anda modal menggunakan RP. 5juta anda mampu menerima keuntungan kotor hingga 10 juta.

Bagaimana apakah anda tertarik?

Untuk mempelajari lebih lanjut, anda mampu bertanya di kolom komentar di bawah ini. 

Semoga artikel Usaha Rumahan Budidaya Ikan Gurami Yang Menjanjikan ini bermanfaat untuk anda. Dan terimakasih telah mengunjungi blog ini. Insya Tuhan setiap hari akan gue update artikel urusan ekonomi di sini, termasuk tips dan trik untuk menjalankan urusan ekonomi khususnya urusan ekonomi rumahan.

BERIKAN KOMENTAR ()